Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang Kelas VIII Semester Genap MTs Manbaul Ulum Demak Tahun 2011/2012

Nafisah, Ainun (2012) Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang Kelas VIII Semester Genap MTs Manbaul Ulum Demak Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611002_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611002_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611002_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611002_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611002_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611002_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611002_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran dengan model advance organizer dengan metode demonstrasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok getaran dan gelombang kelas VIII semester genap MTs Manbaul Ulum Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Manbaul Ulum Demak. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII A merupakan kelas kontrol dan kelas VIII B merupakan kelas eksperimen. Kelas VIII A terdiri dari 48 peserta didik dan kelas VIII B terdiri dari 47 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan model advance organizer dengan metode demonstrasi dan juga untuk kelas yang menggunakan model konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 2,69, sedangkan ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model advance organizer dengan metode demonstrasi lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model advance organizer dengan metode demonstrasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok getaran dan gelombang kelas VIII semester genap MTs Manbaul Ulum Demak dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model advance organizer dengan metode demonstrasi lebih baik dari pada model konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi; Model Pembelajaran; Advance Organizer
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 07:43
Last Modified: 03 Dec 2013 07:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item