Kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa pada pelaksanaan PPL program studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang tahun akademik 2014/2015

Ainuri, Ahmad Fahri Yahya (2014) Kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa pada pelaksanaan PPL program studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang tahun akademik 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103111136_coverdll.pdf]
Preview
Text
103111136_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of 103111136_bab1.pdf]
Preview
Text
103111136_bab1.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 103111136_bab2.pdf]
Preview
Text
103111136_bab2.pdf - Accepted Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 103111136_bab3.pdf]
Preview
Text
103111136_bab3.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 103111136_bab4.pdf]
Preview
Text
103111136_bab4.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 103111136_bab5.pdf]
Preview
Text
103111136_bab5.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 103111136_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103111136_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (79kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa dalam pelaksanaan PPL, program studi Pendidikan Agama Islam. Kajiannya dilatarbelakangi oleh isu tentang rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia yang dikaitkan dengan rendahnya kualitas guru. Meskipun keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor. Namun, faktor guru merupakan faktor yang menentukan. Keberhasilan seorang guru dalam tugasnya sebagai pendidik ditentukan oleh kualitas kompetensi yang dimilikinya. Dengan lahirnya undang-undang No. 14 Tahun 2005 Bab IV pasal 10 guru diharuskan mempunyai empat kompetensi yaitu ; Kompetensi Pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Undang-undang ini dibentuk untuk meningkatkan mutu guru sebagai profesi yang bermartabat. Dalam hal ini beberapa upaya telah ditempuh melalui pembekalan pendidikan oleh calon pendidik (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam) demi tercapainya dasar kompetensi guru kelak. Pendidikan prajabatan guru (preservice teacher education) mengacu pada kebijakan dan prosedur yang dirancang untuk membekali calon guru dengan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk melakukan tugas-tugas secara efektif dalam kelas, sekolah, dan masyarakat luas setelah mereka menjalankan tugas sesungguhnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Adapun tempat penelitiannya di sekolah-sekolah atau madrasah di mana mahasiswa program Studi Pendidikan Agama Islam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode: 1) Angket, yaitu data tentang kompetensi pedagogik dan profesional dengan pertanyaan yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik dan profesional; 2) Dokumentasi, yaitu untuk mengetahui data-data yang berhubungan dengan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Hasil penelitian ini menunjukah bahwa: (1) Dari segi kompetensi pedagogik, calon pendidik (Mahasiswa Pendidikan Agama Islam) Dilihat dari data angket Mendapatkan nilai persentase 79%, dan nilai tersebut menunjukan bahwa kompetensi pedagogik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2011 dikategorikan baik. Yakni, dalam kemampuan pemahaman karakter peserta didik dengan nilai presentase 76% (baik), perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan nilai presentrase 79% (baik) , serta dalam melakukan evaluasi dan penilaian dengan nilai presentrase 76% (baik) (2) Dari segi kompetensi profesional, calon pendidik (Mahasiswa Pendidikan Agama Islam) dilihat dari data angket mendapatkan nilai persentase 82%. Dan nilai tersebut menunjukan bahwa kompetensi profesional Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2011 dikategorikan baik sekali. Yakni dalam penguasaan materi ajar dalam pembelajaran dengan nilai presentase 86% (baik sekali,) keahlian dalam menggunakan media pembelajaran dengan nilai presentase 82% (baik sekali), serta dalam kontekstual atau menghubungkan materi ajar dengan kehidupan sehari-hari peserta didik dengan nilai presentase 90% dan dikategorikan (baik sekali).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Dr. H. Syaifudin Zuhri, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik; Kompetensi profesional; Pendidikan tinggi Islam; Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 May 2015 09:33
Last Modified: 13 May 2015 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4048

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics