Efektivitas Pembelajaran Partisipatif dengan Teknik Kelompok BUZZ (BUZZ Group) pada Pembelajaran Fisika Materi Pokok Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X Semester Genap di MAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Fithriyati, Raji’atul (2012) Efektivitas Pembelajaran Partisipatif dengan Teknik Kelompok BUZZ (BUZZ Group) pada Pembelajaran Fisika Materi Pokok Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X Semester Genap di MAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611025_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611025_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611025_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611025_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611025_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611025_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611025_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran partisipatif dengan teknik buzz group efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di MAN 2 Semarang pada pembelajaran fisika materi pokok suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MAN 2 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang terbagi menjadi lima kelas dengan jumlah peserta didik 163, karena populasi lebih dari seratus, maka sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara diacak. Dan sampel yang diperoleh yaitu peserta didik kelas XA sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XC sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas mempunyai jumlah siswa 33 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data nama dan nilai mid semester peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice test) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Selain diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, uji homoginitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan pembelajaran partisipatif dengan teknik buzz group sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 2,502 sedangkan ttabel = 1,998. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran partisipatif dengan teknik buzz group efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 70,15, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata yang lebih kecil yaitu 63,94. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran partisipatif dengan teknik buzz group pada pembelajaran fisika materi pokok suhu dan kalor efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X semester genap di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Partisipatif; Buzz Group; Pembelajaran Fisika; Suhu dan Kalor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 08:30
Last Modified: 03 Dec 2013 08:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item