Efektivitas Penggunaan Model Pembelajar Inquiry dengan Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Alat Optik di MTs Maslakhul Huda Sluke Tahun Pelajaran 2011/2012

Asiyah, Siti (2012) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajar Inquiry dengan Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Alat Optik di MTs Maslakhul Huda Sluke Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611027_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611027_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611027_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611027_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611027_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611027_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611027_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry dengan pictorial riddle efektif terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok alat optik kelas VIII semester genap MTs Maslakhul Huda Sluke. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Maslakhul Huda Sluke. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII A merupakan kelas eksperimen dan kelas VIII B merupakan kelas kontrol. Kelas VIII A terdiri dari 38 peserta didik dan kelas VIII B terdiri dari 40 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan dalam model pembelajaran inquiry dengan pictorial riddle dan untuk kelas yang menggunakan model konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t. Berdasarkan Uji t dengan taraf signifikasi 5% diperoleh 5,010 sedangkan 1,99. Karena > maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model inquiry dengan pictorial riddle lebih baik daripada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inquiry pictorial dengan riddle efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok alat optik di MTs Maslakhul Huda Sluke tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajar Inquiry; Pictorial Riddle; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 08:32
Last Modified: 03 Dec 2013 08:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item