Peningkatan hasil belajar matematika materi luas bangun datar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas V semester gasal MI Al–Hadi Girikusumo Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015

Budijono, Arif Setijo (2014) Peningkatan hasil belajar matematika materi luas bangun datar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas V semester gasal MI Al–Hadi Girikusumo Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911160_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911160_bab1.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911160_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911160_bab3.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911160_bab4.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911160_bab5.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911160_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (102kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi proses pembelajaran matematika yang alami di kelas-kelas di Indonesia termasuk di MI Al-Hadi Girikusumo Mranggen Demak masih menitik beratkan kepada pembelajaran langsung yang pada umumnya didominasi oleh guru, siswa masih secara pasif menerima apa yang diberikan guru, umumnya hanya satu arah. Oleh sebab itu, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah menghadirkan pembelajaran aktif pada setiap proses pembelajaran yang dilakukan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana hasil belajar matematika materi luas bangun datar sebelum menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas V semester gasal MI Al-Hadi Girikusumo Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada matematika materi luas bangun datardi kelas V semester gasal MI Al-Hadi Girikusumo Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015? 3) Bagaimana hasil belajar matematika materi luas bangun datar setelah menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas V semester gasal MI Al-Hadi Girikusumo Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika materi luas bangun datar sebelum menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas V semester gasal MI Al-Hadi Girikusumo Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015 hanya mencapai tingkat ketuntasan ada 8 siswa atau 34%. 2) Penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada matematika materi luas bangun datar di kelas V semester gasal MI Al-Hadi Girikusumo Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015 dilakukan dengan dimulai dari do’a dan absensi dilanjutkan guru menerangkan materi tanya jawab, pembagian kelompok dengan memberikan kartu penomoran kepada setiap anggota, kerja tim dengan mendiskusikan LKS yang diberikan guru dan setiap nomor yang ditunjuk harus menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan dikomentari kelompok lain, terakhir guru mengajak berdo’a bersama. 3) Hasil belajar matematika materi luas bangun datar setelah menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas V semester gasal MI Al-Hadi Girikusumo Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015 mengalami peningkatan setiap siklusnya dimana pada pra siklus yakni 8 siswa atau 34%, mengalami kenaikan dari siklus I yakni 14 siswa atau 62%, dan pada siklus II ada 20 siswa atau 87%. Hasil ini sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu ketuntasan dengan KKM 70 sebanyak 80 %.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Kristi Liani Purwati, S. Si., M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Jun 2015 05:21
Last Modified: 01 Jun 2015 05:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item