Pengembangan Game Edukasi “The Legend of Atomic Hero” pada Submateri Pokok Perkembangan Teori dan Model Atom Kelas X MA Manbaul Ulum Demak

Anugroho, Anugroho (2012) Pengembangan Game Edukasi “The Legend of Atomic Hero” pada Submateri Pokok Perkembangan Teori dan Model Atom Kelas X MA Manbaul Ulum Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083711004_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711004_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711004_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711004_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711004_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711004_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711004_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengembangan media pembelajaran berupa game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk pembelajaran berbasis Chemo-Edutainment serta mengetahui efektivitas penggunaan media yang telah dikembangkan pada pembelajaran kimia dengan game edukasi “The Legend of Atomic Hero” berbasis Chemo-Edutainment. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan produk pembelajaran menurut Soenarto yang melibatkan 6 tahap. Keenam tahap tersebut adalah concept, desain, collecting material, assembly, uji eksperimen, distribution. Tahap concept meliputi identifikasi masalah, merumuskan tujuan, dan analisis kebutuhan belajar. Tahap desain, collecting material, assembly merupakan membuat rancangan game edukasi “The Legend of Atomic Hero” berbasis Chemo-Edutainment. Tahap uji eksperimen meliputi 2 uji yaitu (1) uji aspek konten dan pembelajaran materi bidang studi untuk memberikan penilaian dan saran terhadap game edukasi ini; (2) uji efektifitas yang dilakukan pada kelas kecil berjumlah 9 peserta didik. Tahap distribution merupakan tahap penyebarluasan produk sampai pada kelas besar, yaitu pada uji kelayakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa game edukasi “The Legend of Atomic Hero” berbasis Chemo-Edutainment efektif digunakan dalam proses pembelajaran kimia materi perkembangan teori dan model atom yang ditunjukkan dengan tercapainya indikator keefektifan yaitu: (1) Pada aspek kognitif tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi untuk kelas kecil yaitu 84,44 yang berada pada kriteria efektif sedangkan untuk kelas besar yaitu 79,62 yang berada pada kriteria efektif. (2) Pada aspek afektif, rata-rata observasi ranah afektif pada kelas kecil sebesar 82,96% dengan kriteria baik, sedangkan rata-rata observasi ranah afektif pada kelas besar sebesar 78,97% dengan kriteria baik. (3) Pada aspek psikomotorik, rata-rata observasi ranah psikomotorik pada kelas kecil sebesar 78,89% dengan kriteria baik, sedangkan rata-rata observasi ranah psikomotorik pada kelas besar sebesar 76,92% dengan kriteria baik. (4) Angket uji kelayakan media pada kelas kecil mendapatkan kriteria sangat tinggi dengan tingkat pencapaian 4,35, sedangkan pada kelas besar mendapatkan kriteria tinggi dengan tingkat pencapaian 4,12

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi; Model Atom; Model Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 539 Modern physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 01:35
Last Modified: 04 Dec 2013 01:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item