Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi operasi hitung campuran dengan metode index card match di kelas III MI NU 11 Karangayu Cepiring Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Mushthofiyah, Umy (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi operasi hitung campuran dengan metode index card match di kelas III MI NU 11 Karangayu Cepiring Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911184_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911184_bab1.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911184_bab2.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911184_bab3.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911184_bab4.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911184_bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911184_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi pembelajaran mata pelajaran, Matematika di kelas III MI NU 11 Karangayu Cepiring Kendal masih banyak menggunakan metode konvensional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat dan mengerjakan materi, sehingga siswa tidak aktif dan tidak memiliki kreatifitas maupun menguasai ketrampilan yang diperlihatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran, salah satu metode yang bisa dikembangkan dalam pembelajaran aktif adalah metode index card match (mencari pasangan kartu). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode index card match pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran di kelas III MI NU 11 Karangayu Cepiring Kendal? 2) Apakah penerapan metode index card match pada mata pelajaran mata pelajaran Matematika materi operasi hitung campuran di kelas III MI NU 11 Karangayu Cepiring Kendal dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode index card match pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran di kelas III MI NU 11 Karangayu Cepiring Kendal dilakukan dengan mengajak siswa bermain kartu dengan memilih kartu dan mencari pasangan yang mempunyai kecocokan jawaban dan mempertanggungjawabkannya kepada teman lain, metode ini juga diperkaya dengan menggunakan media gambar, praktek langsung dan belajar kelompok. 2) Penerapan metode index card match pada mata pelajaran mata pelajaran Matematika materi operasi hitung campuran di kelas III MI NU 11 Karangayu Cepiring Kendal dapat meningkatkan hasil belajar siswa tiap siklusnya, hal ini terlihat dari motivasi belajar per siklus dimana pada siklus I kategori aktif dan aktif sekali siklus I ada 13 siswa atau 54%, mengalami kenaikan pada siklus II yakni ada 21 siswa atau 88%, sedangkan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran siswa kelas pra siklus ada 11 siswa atau 46%, siklus I ada 14 siswa ada 59% dan pada siklus II ada 21 siswa atau 88%. Hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Budi Cahyono, S. Pd., M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jun 2015 08:29
Last Modified: 08 Jun 2015 08:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item