Upaya meningkatkan hasil belajar IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe snow balling siswa kelas V MI Al-Hidayah Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Makmun, Agus (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe snow balling siswa kelas V MI Al-Hidayah Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911190_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911190_bab1.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911190_bab2.pdf - Accepted Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911190_bab3.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911190_bab4.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911190_bab5.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911190_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (172kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi, selama ini pembelajaran yang efektif belum terjadi pada proses pembelajaran IPS di kelas V MI Al-Hidayah Semarang, dimana guru terlalu dominan dalam proses pembelajaran dan menjadikan siswa hanya mendengar dan mengerjakan tugas yang diberikan guru, dengan model ceramah, tanya jawab dan resitasi yang selama ini dikembangkan guru menjadikan siswa hanya mampu menghafal materi tanpa memahami isi materi, dilihat dari ketuntasan belajar dari beberapa tes harian tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 50% dari jumlah siswa yang tuntas. Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru IPS untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snow balling. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snow balling pada pembelajaran IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia di kelas V MI Al-Hidayah Semarang tahun pelajaran 2014/2015? 2) Apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snow balling dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia siswa kelas V MI Al-Hidayah Semarang tahun pelajaran 2014/2015?, 3) Bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snow balling dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia siswa kelas V MI Al-Hidayah Semarang tahun pelajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snow balling pada pembelajaran IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia di kelas V MI Al-Hidayah Semarang tahun pelajaran 2014/2015 dilakukan dengan cara guru menerangkan materi kemudian melakukan Tanya jawab, selanjutnya guru memberikan soal kepada masing-masing siswa untuk dijawab, hasil jawaban tersebut didiskusikan dengan teman sebangkunya untuk ditemukan jawaban terbaik, dari hasil kerja pasangan tersebut kemudian dipadukan dengan pasangan lain sehingga setiap kelompok ada empat siswa untuk mendiskusikan hasil jawaban terbaik, dari jawaban kelompok empat siswa kemudian digabungkan dengan kelompok empat yang lain sehingga setiap kelompok ada delapan siswa untuk mendikusikan jawaban soal yang terbaik, hasil dari kelompok tersebut untuk didiskusikan dalam kelas. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snow balling dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia siswa kelas V MI Al-Hidayah Semarang tahun pelajaran 2014/2015, hal ini terlihat dari peningkatan tiap siklusnya yaitu pra siklus ada 10 siswa atau 39%, Siklus I ada 16 siswa atau 61% dan pada siklus II sudah mencapai 24 siswa atau 92%, hasil tersebut sudah sesuai indikator yang ditentukan yaitu rata-rata nilai hasil kuis lebih dari 70. Dan rata siswa yang mendapatkan nilai tersebut adalah 85%, Sedangkan keaktifan belajar siswa juga mengalami kenaikan dimana pada kategori baik sekali dan baik pada siklus I ada 13 siswa atau 50% mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 23 siswa atau 89%, ini berarti indikator yang ditetapkan yaitu 85% ke atas terpenuhi. 3) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snow balling dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia siswa kelas V MI Al-Hidayah Semarang tahun pelajaran 2014/2015, hal ini terlihat dari keaktifan belajar siswa dimana pada kategori baik sekali dan baik pada siklus I ada 13 siswa atau 50% mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 23 siswa atau 89%, ini berarti indikator yang ditetapkan yaitu 85% ke atas terpenuhi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Drs. Wahyudi, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jun 2015 08:51
Last Modified: 17 Jun 2015 08:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4131

Actions (login required)

View Item View Item