Penerapan cooperative learning model TGT untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III materi operasi hitung campuran di MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Istighotsah, Istighotsah (2014) Penerapan cooperative learning model TGT untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III materi operasi hitung campuran di MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911187_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911187_bab1.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911187_bab2.pdf - Accepted Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911187_bab3.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911187_bab4.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911187_bab5.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911187_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (38kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas III MI NU 39 Kertosari pada materi operasi hitung campuran. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas III hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Hasil belajar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal, yaitu 65,00. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Cooperative Learning model TGT dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas III MI NU 39 Kertosari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui penerapan Cooperative Learning model TGT. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI NU 39 Kertosari sejumlah 26 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Berdasarkan hasil observasi awal, ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran pra siklus adalah 57,69%. Setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 73,08% namun masih belum sesuai persyaratan yang diharapkan. Pada perbaikan pembelajaran siklus II, ketuntasan belajar siswa menjadi 92,31%, kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan menunjukkan keberhasilan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan Cooperative Learning model TGT dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas III

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasl belajar; Matematika untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Hj. Minhayati Saleh, S. Si., M. Sc.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jun 2015 08:53
Last Modified: 17 Jun 2015 08:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

View Item View Item