Upaya meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester I dengan menggunakan gambar berseri di MI Mu’abbidin Sukorejo Guntur Demak tahun pelajaran 2014/2015

Haris, Muhammad Abdul (2014) Upaya meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester I dengan menggunakan gambar berseri di MI Mu’abbidin Sukorejo Guntur Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911193_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911193_bab1.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911193_bab2.pdf - Accepted Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911193_bab3.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911193_bab4.pdf - Accepted Version

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911193_bab5.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911193_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (133kB) | Preview

Abstract

Selama ini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Mu’abbidin Sukorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak terutama pada materi menulis dialog, peserta didik masih kesulitan untuk menuangkan ide dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan dengan meenerapkan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penggunaan media gambar berseri mampu meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana peserta didik kelas V di MI Mu’abbidin Sukorejo Guntur Demak Tahun Pelajaran 2014/2015? dan (2) Bagaimana penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana peserta didik kelas V di MI Mu’abbidin Sukorejo Guntur Demak Tahun Pelajaran 2014/2015? Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V MI Mu’abbidin Sukorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan jumlah peserta didik sebanyak 18 peserta didik yang terdiri 8 peserta didik putra dan 10 peserta didik putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian membuktikan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana peserta didik kelas V MI Mu’abbidin Sukorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Hal itu terlihat dari data observasi aktivitas kegiatan pembelajaran peserta didik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 54,3% kemudian hasil itu meningkat pada siklus II meningkat menjadi 75,0%. Pada hasil observasi keterampilan yang dilakukan guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70,45 % dan fsiklus II meningkat menjadi 84,1 %. Sedang untuk hasil kemampuan menulis dialog sederhana peserta didik pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 62,5% dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar sebesar sebesar 80,6%. Simpulan penelitian ini adalah media gambar berseri merupakan salah satu solusi yang efektif dalam kegiatan pembelajaran menulis dialog sederhana karena terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis dialog sederhana peserta didik. Kata kunci: menulis, dialog sederhana, gambar berseri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis; Bahasa Indonesia; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Siti Tarwiyah, S. S., M. Hum.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jun 2015 08:57
Last Modified: 17 Jun 2015 08:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4136

Actions (login required)

View Item View Item