Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok persamaan linear satu variabel semester 1 kelas VII A MTs NU Miftahut Tholibin Kudus tahun pelajaran 2009/2010

Rochmawati, Hanik (2009) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok persamaan linear satu variabel semester 1 kelas VII A MTs NU Miftahut Tholibin Kudus tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105069 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105069 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi persamaan linear satu variabel 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII A MTs NU Miftahut Tholibin Kudus dalam mata pelajaran matematika khususnya pada materi pokok persamaan linear satu variabel dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penerapannya melalui 3 siklus, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus peneliti melakukan wawancara dengan guru tentang pembelajaran matematika yang diterapkan di kelas VII A, dalam pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional yang mana dalam metode tersebut guru masih sangat dominan dalam proses belajar mengajar. Hal ini yang menjadikan peserta didik pasif dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga mengakibatkan aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar menjadi tidak maksimal, dampaknya peserta didik tidak bisa maksimal dalam memahami materi yang secara tidak langsung menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak maksimal pula. Hal ini dibuktikan dengan nilai peserta didik yang masih banyak dibawah KKM (Kriteria Kelulusan Minimum) yang ditentukan pihak sekolah yaitu 60. Pada pra siklus, peneliti mendapatkan data hasil belajar peserta didik pada tahun pelajaran 2007/2008 dan 2008/2009 yaitu nilai rat-rata kelas 58,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 55% dan 59,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 60%. Dari latar belakang inilah peneliti menawarkan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs NU Miftahut Tholibin Kudus yang berjumlah 43 siswa (23 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan). Pada siklus I hasil belajar yang didapat dari nilai rata-rata kelas yaitu 62,7 dengan banyaknya 62,8% peserta didik yang tuntas. Pada siklus II didapat hasil nilai rata-rata kelas 71,2 dengan banyaknya 88,4 % peserta didik yang tuntas. Dari ketiga siklus tersebut (pra siklus, siklus I, dan siklus II) mengalami peningkatan hasil belajar yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan data-data di atas dapat diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi persamaan linear satu variabel dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A MTs NU Miftahut Tholibin Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Hj. Minhayati Saleh, M. Sc.; Drs Darmu’in, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Cooperative Learning Tipe Jigsaw; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 Jun 2015 07:15
Last Modified: 06 Jun 2015 07:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4139

Actions (login required)

View Item View Item