Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014

Nisa, Amirotun (2014) Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611004_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611004_bab1.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611004_bab2.pdf - Accepted Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611004_bab3.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611004_bab4.pdf - Accepted Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611004_bab5.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611004_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (104kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA yang terjadi di MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang masih belum mampu memaksimalkan hasil belajar siswa. Hal ini karena guru masih menggunakan pola-pola pembelajaran yang masih tradisional atau hanya mengandalkan ceramah dan tanya jawab saja tanpa menggunakan kreatifitas dalam mengajar untuk menciptakan inovasi pembelajaran dengan kreativitas yang dimilikinya, guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan adakah pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014? Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis regresi satu prediktor. Subyek penelitian sebanyak 49 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen quesioner. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Hasil Penelitian ini bisa di lihat dari analisis dengan menggunakan rumus regresi satu prediktor dimana Harga diketahui rata-rata masing-masing variabel, maka langkah selanjutnya adalah analisis uji hipotesis dengan analisis regresi satu predictor, diketahui Harga Freg = 31.61 > Ftabel = 4.047 hasil tersebut signifikan. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Sumbangan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014 sebesar 40.21%, juga dipengaruhi faktor lain yakni sisanya 59.79% yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru; Metode pembelajaran; Hasil belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, M. Kom.; Nadhifah, S.Th.I., M.S.I.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:30
Last Modified: 23 Jun 2015 04:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item View Item