Analisis kelayakan isi buku teks siswa Matematika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013

Ni’mah, Zahrotun (2014) Analisis kelayakan isi buku teks siswa Matematika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_103511028_Zahrotun_Ni'mah]
Preview
Text (SKRIPSI_103511028_Zahrotun_Ni'mah)
103511028_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 103511028_bab1.pdf]
Preview
Text
103511028_bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103511028_bab2.pdf]
Preview
Text
103511028_bab2.pdf - Accepted Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 103511028_bab3.pdf]
Preview
Text
103511028_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103511028_bab4.pdf]
Preview
Text
103511028_bab4.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 103511028_bab5.pdf]
Preview
Text
103511028_bab5.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 103511028_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103511028_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (97kB) | Preview

Abstract

Tujuan analisis kelayakan isi buku teks siswa matematika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan kemdikbud adalah untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa kurikulum 2013 berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013 supaya menghasilkan buku yang lebih sesuai.
Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kritis. Jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa matematika dan kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks matematika yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas X SMA/MA.
Dalam penelitian ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase skor dari setiap aspek yang dinilai.
Hasil analisis pada buku teks siswa matematika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan kemdikbud adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan pada dimensi spiritual adalah sebesar 39,5% atau pada kategori sangat kurang. (2) Kelayakan pada dimensi Sosial adalah sebesar 85% atau pada kategori baik. (3) Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 95% atau pada kategori sangat baik. (4) Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 77% atau pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku teks; Matematika; Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Jun 2015 09:18
Last Modified: 29 May 2021 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics