Analisis kelayakan isi buku teks siswa Matematika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
Ni’mah, Zahrotun (2014) Analisis kelayakan isi buku teks siswa Matematika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
103511028_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (379kB) | Preview
103511028_bab1.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103511028_bab2.pdf - Accepted Version
Download (278kB) | Preview
103511028_bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103511028_bab4.pdf - Accepted Version
Download (166kB) | Preview
103511028_bab5.pdf - Accepted Version
Download (85kB) | Preview
103511028_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (97kB) | Preview
Abstract
Tujuan analisis kelayakan isi buku teks siswa matematika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan kemdikbud adalah untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa kurikulum 2013 berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013 supaya menghasilkan buku yang lebih sesuai.
Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kritis. Jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa matematika dan kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks matematika yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas X SMA/MA.
Dalam penelitian ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase skor dari setiap aspek yang dinilai.
Hasil analisis pada buku teks siswa matematika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 terbitan kemdikbud adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan pada dimensi spiritual adalah sebesar 39,5% atau pada kategori sangat kurang. (2) Kelayakan pada dimensi Sosial adalah sebesar 85% atau pada kategori baik. (3) Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 95% atau pada kategori sangat baik. (4) Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 77% atau pada kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku teks; Matematika; Kurikulum 2013 |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 09:18 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4196 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year