Upaya peningkatan hasil belajar Fisika melalui pembiasaan penggunaan satuan berbasis sistem internasional pada materi pokok pengukuran siswa kelas VII MTsN Kendal tahun ajaran 2009/2010

Sholihati, Muthmainnah (2009) Upaya peningkatan hasil belajar Fisika melalui pembiasaan penggunaan satuan berbasis sistem internasional pada materi pokok pengukuran siswa kelas VII MTsN Kendal tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105161 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105161 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105161 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105161 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105161 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105161 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105161 _ Bibliographi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan pembiasaan penggunaan Satuan berbasis Sistem Internasional dalam proses belajar IPA di MTsN Kendal; 2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA di MTsN Kendal dengan pembiasaan penggunaan satuan berbasis sistem internasional. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif, lembar observasi aktivitas afektif untuk mengukur hasil belajar pada aspek afektif dan lembar observasi aktivitas psikomotorik untuk mengukur hasil belajar aspek psikomotorik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase. Dari hasil penelitian, pada pra siklus hasil belajar pada aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 53,17 sedangkan hasil belajar pada aspek psikomotorik dan afektif menunjukkan tingkat keberhasilan 55%, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif 58,84 dengan ketuntasan klasikal 60,47% dan 77,44 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 97,67%. Pada aspek afektif terdapat peningkatan prosentase aspek afektif dari 55% pada pra siklus, 57,99% pada siklus I, dan 80,52% pada siklus II. Sedangkan pada aspek psikomotorik ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 55% pada pra siklus, 58,140% pada siklus I dan 82,56% pada siklus II. Dari hasil analisis data di atas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembiasaan Penggunaan Satuan Berbasis Sistem Internasional Pada Materi Pokok Pengukuran. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase keberhasilan ketiga aspek, yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi dan masukan guru/dosen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif. psikomotorik dan afektif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Fisika; Strategi pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S. Pd., M. Kom.; Drs. Karnadi, M. Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 00:45
Last Modified: 11 Jun 2015 00:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4229

Actions (login required)

View Item View Item