Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI pada materi macam-macam sujud melalui strategi pembelajaran berbasis PAIKEM tipe everyone is a teacher here (studi tindakan di kelas VIII C SMP N 2 Bonang Demak tahun ajaran 2009/2010)

Aziz, Muhammad Najib (2009) Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI pada materi macam-macam sujud melalui strategi pembelajaran berbasis PAIKEM tipe everyone is a teacher here (studi tindakan di kelas VIII C SMP N 2 Bonang Demak tahun ajaran 2009/2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105308 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105308 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105308 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105308 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105308 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105308 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105308 _ Bibliographi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI pada materi macam-macam sujud (sujud sahwi, sujud syukur, dan sujud tilawah) melalui model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (2) Bagaimana efektifitas strategi pembelajaran berbasis PAIKEM tipe Everyone Is A Teacher Here dan peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas VIII C di SMP N 2 Bonang Demak. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VIII C SMP N 2 Bonang Demak. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII C melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran PAI yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal artinya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di kelas VIII C SMP N 2 Bonang Demak. Dalam penelitian ini peneleti menggunakan satu kelas untuk menerapkan strategi pembelajaran berbasis PAIKEM tipe everyone is a teacher here yaitu kelas VIII C yang jumlahnya ada 40 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui strategi pembelajaran berbasis PAIKEM tipe everyone is a teacher here dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi semangat belajar dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus motivasi belajar peserta didik mempunyai prosentase 58,57 % dan rata-rata tes akhir 64. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 68,57 % dan rata-rata tes akhir 74. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 motivasi belajar mengalami peningkatan yaitu motivasi belajar peserta didik dapat diprosentasekan menjadi 80,00 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 79. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar yang memiliki dampak pada hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI melalui strategi pembelajaran berbasis PAIKEM tipe everyone is a teacher here. Motivasi ini dapat dilihat dari keaktifan dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran berlangsung dengan semangat belajar yang tinggi dari peserta didik sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Metode pembelajaran; Pembelajaran PAI;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing: Ismail S. M., M. Ag.; H. Mursid, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 23 Jun 2015 05:48
Last Modified: 23 Jun 2015 05:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4254

Actions (login required)

View Item View Item