Penggunaan metode mind mapping berbasis cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok pesawat sederhana kelas V MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2013/2014

Mustaghfirin, Muhammad (2015) Penggunaan metode mind mapping berbasis cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok pesawat sederhana kelas V MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911045.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM. Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA khususnya materi pokok pesawat sederhana, yang disebabkan pasifnya peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, dan terlalu terpusat kepada guru yang tidak adanya timbal-balik dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penggunaan metode mind mapping berbasis cooperative learning pada materi pokok pesawat sederhana kelas V di MI Miftahul Ulum Genuk Semarang 2) Apakah penggunaan metode mind mapping berbasis cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar kelas V MI Miftahul Ulum Genuk Semarang pada materi pokok pesawat sederhana Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian peserta didik kelas V MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2013/2014 sejumlah 17 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan metode mind mapping berbasis cooperative learning sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Ulum Genuk Semarang. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 65,00 dengan ketuntasan klasikal 23,52%. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 77,05 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 88,23%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping berbasis cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Ulum Genuk Semarang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi pokok pesawat sederhana.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mind mapping; Cooperative learning; Metode Pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Atik Rahmawati, S. Pd., M. Si.; Joko Budi Poernomo, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:28
Last Modified: 04 Nov 2015 09:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4588

Actions (login required)

View Item View Item