Implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas I tema keluargaku di SD Islam Al-Azhar 25 semarang
Anisah, Nurul (2015) Implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas I tema keluargaku di SD Islam Al-Azhar 25 semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911006.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang telah diterapkan di sekolah dasar sejak kurikulum dahulu sebelum 2013. Hanya perbedaannya yang bertolak pada pendekatan scientific dan penilaiannya yang otentik.
Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas I tema keluargaku serta faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dari pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 siswa kelas I tema keluargaku di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif analisis, yaitu data yang telah diperoleh dalam bentuk tulisan maupun lisan di lapangan yang dilaksanakan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang melalui observasi, wawancara, dokumentasi diolah kemudian dianalisis yang disajikan dalam bentuk naratif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas I tema keluargaku yang dilaksanakan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang telah berlangsung dengan baik serta dalam proses pembelajarannya mencakup tahapan pendekatan scientific sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditekankan pada kurikulum 2013. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran tematik kurikulum 2013 ini perlu adanya faktor pendukung sebagai konstruksi pelaksanaannya agar lebih baik lagi dan terus meningkat. Sarana prasarana dan media yang berbasis multimedia serta IT telah diterapkan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang, sehingga ini menjadi penyokong yang baik dalam implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013. Selain itu kendala yang menjadi faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 adalah distribusi sumber belajar yang agak terlambat dari pemerintah. Sehingga, sekolah tidak sempat mengkaji materi lebih mendalam mengenai pembelajaran tematik kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ani Hidayati, M. Pd.; Amin Farih, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013; Pembelajaran tematik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Nov 2015 09:48 |
Last Modified: | 04 Nov 2015 09:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4594 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year