Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini di KB Islam Plus Assalamah Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Aimmah, Nur Syifafatul (2015) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini di KB Islam Plus Assalamah Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
113111137.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di KB Islam Plus Assalamah. Kajian ini di latar belakangi dengan adanya problematika yang marak terjadi di lingkungan masyarakat, seperti: kenakalan remaja, pergaulan bebas, konsumsi barang-barang haram, sex bebas dan rusaknya moral bangsa ini menjadikan keprihatinan yang sangat mendalam. Hal itu merupakan salah satu dampak dari kurangnya Pendidikan Agama Islam, sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang dilakukan pada anak sejak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat menawarkan beberapa metode Pendidikan Agama Islam untuk anak usia dini. Studi ini dimaksudkan untuk memberikan jawaban dari permasalahan: bagaimanakah penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di KB Islam Plus Assalamah Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, sehingga permasalahannya dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di KB Islam Plus Assalamah Kabupaten Semarang. Datanya diperoleh dari beberapa sumber dengan cara observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Dari semua data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Penelitian ini telah menemukan bahwa penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di KB Islam Plus Assalamah dilaksanakan dengan menggunakan tujuh metode yang saling melengkapi, yaitu metode pembiasaan, keteladanan, bermain peran, bercerita, demonstrasi, bernyanyi, dan karyawisata. Proses pembelajaran menggunakan sistem sentra dan materinya disesuaikan dengan perkembangan anak didik yang mencakup pada nilai agama dan moral, fisik, bahasa, kognitif, dan sosial emosional. Ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai, dapat mendorong anak didik berkembang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Darmu’in, M. Ag.; H. Mursid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 05:12
Last Modified: 24 Nov 2015 05:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item