Manajemen kurikulum takhasus untuk mengembangkan karakter religius siswa di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang

Maesaroh, Chusnul (2015) Manajemen kurikulum takhasus untuk mengembangkan karakter religius siswa di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113311025.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen kurikulum takhasus untuk mengembangkan karakter religius siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi keberhasilan proses manajemen kurikulum takhasus yang dilaksanakan SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 semarang untuk mengembangkan karakter religius siswanya berdasarkan tujuan yang ditetapkan sekolah. Keberhasilan manajemen kurikulum takhasus tersebut, sekolah SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang terkenal akan pendidikannya yang menyeimbangkan antara pendidikan agamis dan akademik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana manajemen kurikulum takhasus dalam mengembangkan karakter religius siswa SD Hj. Isriati?. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum takhasus untuk mengembangkan karakter religius siswa, sekolah pada perencanaan menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang telah memenuhi syarat S1 PAI dan mempunyai syahadah taskhih, komponen kurikulum takhasus mencakup tujuan yang akan dicapai oleh sekolah, tujuan kurikuler dan tujuan instruksional. Isi kurikulum takhasus meliputi mata pelajaran akidah akhlak, fiqh, sejarah kebudayaan Islam, dan al-Qur’an. Struktur kurikulum takhasus dalam bentuk mata pelajaran terpisah dengan sistem kelas. Strategi kurikulum takhasus melalui berbagai cara yang digunakan untuk melaksanakan kurikulum takhasus dan penilaian melalui tugas harian, ulangan harian, mid semester dan semesteran telah dilakukan sekolah dengan baik. Selain itu perencanaan kurikulum takhasus dengan penyiapan media pembelajaran dengan baik. Implementasi kurikulum takhasus untuk mengembangkan karakter religius siswa meliputi pelaksanaan mata pelajaran takhasus oleh 6 tenaga pengajar. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajarr di kelas disesuaikan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penggunaan media yang telah disiapkan digunakan dengan baik, Pelaksanaan pola pembiasaan di sekolah yang meliputi keteladanan untuk berperilaku dan bertutur kata sopan, dan kedisiplinan. Kegiatan budaya sekolah meliputi budaya sholat dhuhur berjamaah, penanaman infak setiap hari jumat, dan lain sebagainya. Serta pengondisian yang meliputi penyiapan sarana pendukung baik pada proses kegiatan belajar mengajar maupun pada proses kegiatan budaya sekolah. Evaluasi kurikulum takhasus dilakukan melalui pengawasan kepala sekolah dan waka kurikulum terhadap pembuatan administrasi guru, pengawasan pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar, dan penilaian terhadap laporan hasil belajar siswa. Sedangkan Evaluasi pengembangan karakter religius siswa dilaksanakan melalui observasi atau pengamatan langsung terkait perilaku siswa. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pendidik untuk meningkatkan kedisiplinan dalam hal kelengkapan administrasi guru, siswa diharapkan mencontoh keteladanan guru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen kurikulum; Karakter religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa Rahman, M. Ag.; Dr. Fatah Syukur, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 06:12
Last Modified: 24 Nov 2015 06:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item