Penerapan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi pokok kubus dan balok siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Tamim, Muhammad faisal (2015) Penerapan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi pokok kubus dan balok siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103511015.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi pokok kubus dan balok siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan sebagian besar siswa masih kesulitan dalam mengabstraksi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran DMR (Dirkursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model pembelajaran DMR (Dirkursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok dapat meningkatkan keaktifan belajar pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. (3) Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi pokok kubus dan balok kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2014/2015 setelah menerapkan model pembelajaran DMR (Dirkursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok. vi Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) dengan menerapkan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok pada materi pokok kubus dan balok siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2014/2015, yang jumlahnya ada 33 siswa yang terdiri dari 18 putra dan 15 putri. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, pedoman wawancara, observasi, dan soal evaluasi. Adapun kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 75, dengan ketuntasan klasikal 75%, dan keaktifan sebesar 75%. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap prasiklus,data diambil dari tahun sebelumnya materi kubus dan balok, keaktifan siswa mempunyai persentase 43,9% dan rata-rata hasil belajar 68,87 dengan ketuntasan klasikal 48,78%. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan, keaktifan siswa meningkat menjadi 64,28% pada pertemuan pertama siklus 1 dan 73,39% pada siklus 1 pertemuan kedua dan rata-rata hasil belajar 71,36 dengan ketuntasan klasikal 60,60%. Sedangkan pada siklus 2 keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu dapat dipersentasekan menjadi 78% pada pertemuan pertama siklus satu dan 80% pada pertemuan kedua siklus 2 dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,15 dengan ketuntasan klasikal 81.81%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok dengan pembelajaran sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan puzzle kubus dan balok. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) di SMP Muhammadiyah 8 Semarang untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan berprestasi dan berkompetisi dengan sehat. vii Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah, pada khususnya guru Matematika di SMP Muhammadiyah 8 untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dalam proses pembelajaran guna meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kubus dan Balok; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag.; Saminanto, S. Pd., M. Sc.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 06:10
Last Modified: 25 Nov 2015 06:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4708

Actions (login required)

View Item View Item