Efektivitas model pembelajaran concept attainment terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi pokok persamaan linier satu variabel kelas VII MTs Wahid Hasyim Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Niswah, Saidatun (2015) Efektivitas model pembelajaran concept attainment terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi pokok persamaan linier satu variabel kelas VII MTs Wahid Hasyim Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511059_Saidatun_Niswah]
Preview
Text (SKRIPSI_113511059_Saidatun_Niswah)
113511059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Concept Attainment efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa materi pokok persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Bangsri Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Concept Attainment terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa materi pokok persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain “post test only control design”. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 91 siswa. Sampel penelitian ini diambil dua kelas berdasarkan teknik cluster random sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu model pembelajaran Concept Attainment sebagai variabel bebas dan kemampuan pemahaman konsep pada siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Bangsri Jepara sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data meliputi analisis tahap awal, analisis instrumen (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda) dan analisis tahap akhir (uji normalitas dan uji t satu pihak yaitu pihak kanan).
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t pihak kanan. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % thitung = 3,572 dan ttabel = t(0,95) (59) = 1,671. Karena thitung > ttabel, maka rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Concept Attainment lebih baik dari pada rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 83,22 dan kelas kontrol = 73,66. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Attainment efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi pokok persamaan linier satu variabel di MTs Wahid Hasyim Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan model pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lain yang sesuai. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas variasi pembelajarannya di kelas agar siswa semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pemahaman konsep; Matematika; Persamaan Linier Satu Variabel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:24
Last Modified: 22 May 2021 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics