Peningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji dengan Small Group Discussion di Kelas X B MA Miftahul Ulum Ngemplak, Mranggen, Demak Tahun 2012/2013

Afifudin, Ahmad (2013) Peningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji dengan Small Group Discussion di Kelas X B MA Miftahul Ulum Ngemplak, Mranggen, Demak Tahun 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111195_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111195_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111195_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111195_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111195_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111195_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111195_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: Prestasi belajar Akidak Akhlak setelah diterapkannya model pembelajaran Small Group Discussion pada peserta didik kelas X MA. Miftahul Ulum Ngemplak, Mranggen, Demak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR), yaitu: penelitian praktis yang dilaksana-kan untuk memecahkan masalah faktual yang dihadapi guru sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pengelolaan pembelajaran yang diterapkan pada peserta didik kelas X B MA Miftahul Ulum Ngemplak, Mranggen, Demak Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah peserta didik 39 yang terdiri dari 21 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data awal lewat nilai harian siswa, data prestasi belajar dengan tes objektif yang dilaksanakan di akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pembelajaran Akidak Akhlak materi pokok membiasakan perilaku terpuji dengan model Small Group Discussion pada peserta didik kelas X B MA. Miftahul Ulum Ngemplak, Mranggen, Demak Tahun Pelajaran 2012/2013 mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan perincian: pada pra siklus rata-rata hasil belajar 68,23 atau 17,94 % meningkat menjadi 78,38 atau 69,23 % pada siklus I, dan rata-rata hasil belajar meningkat pula menjadi 83,94 atau 87,17 % pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa, prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X B MA. Miftahul Ulum Ngemplak, Mranggen, Demak Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Small Group Discussion karena telah melampaui nilai ketuntasan secara klasikal yaitu 87,17 % di atas KKM (75). Tidak menutup kemungkinan, bahwa metode ini dapat pula diterapkan pada mata pelajaran yang lain di semua lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak; Prestasi Belajar; Small Group Discussion
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 07:54
Last Modified: 04 Dec 2013 07:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item