Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015

Maskanah, Siti (2015) Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103911043.pdf]
Preview
Text
103911043.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektifitas pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Salafiyah Kendal. Kajian ini ditulis berdasarkan latar belakang yang ditemukan penulis di lapangan bahwa keadaan siswa dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif, kreatif, suasana dalam kelas membosankan, serta kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik seperti dijumpai anak asyik bermain sendiri saat guru menjelaskan pelajaran.

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan di atas dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design” yang dilaksanakan di kelas IV MI Salafiyah Kendal. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : pengunaan pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs efektif Terhadap hasil belajar Siswa dibuktikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs sebesar 76,75% lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu sebesar 64,750 %, dan dibuktikan dari penghitungan , sedangkan ttabel = 1,686. Karena maka ditolak dan perbedaan rata-rata kedua hasil belajar adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik; Metode pembelajaran; Perubahan lingkungan; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Feb 2016 07:09
Last Modified: 09 Dec 2021 10:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics