Items where Subject is "372.3 Sains untuk pendidikan dasar"
- Dewey Decimal Classification Subject Areas (112)
- 300 Social sciences (112)
- 370 Education (112)
- 372 Elementary education (112)
- 372.3 Sains untuk pendidikan dasar (112)
- 372 Elementary education (112)
- 370 Education (112)
- 300 Social sciences (112)
A
Abidat, Adzkia Husnul (2021) Pengaruh media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SD Muhammadiyah Pesarean Adiwerna Tegal tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
Adiyawati, Liya (2017) Pengaruh penggunaan metode outdoor study dengan berbantu media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA materi berbagai bentuk energi dan cara penggunaanya kelas IV di SD Islam Al Madina Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Adzani, Alifia (2022) Peningkatan kemampuan kognitif kelompok B melalui kegiatan sains “pelangi dalam gelas” di TK Al Hidayah 7 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Aeni, Nur (2014) Implementasi strategi modeling the way untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya pada kelas V semester 1 di MI Miftahuth Tholibin Waru Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Ainiyah, Miftaqul (2021) Upaya meningkatkan kemampuan pengetahuan sains anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan pembelajaran outdoor learning di RA Al-Huda Ngablaksari Sayung tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
Aisyah, Nur (2023) Analisis kesulitan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Ketanggungan 08 Kabupaten Brebes tahun ajaran 2022-2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Amalia, Dawi Zulfa (2016) Upaya peningkatan pemahaman peserta didik kelas V A mata pelajaran IPA materi adaptasi dengan model pembelajaran jigsaw di MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Anggraini, Dyah (2018) Efektivitas penggunaan peta konsep dan picture and picture terhadap prestasi belajar materi bumi dan alam semesta siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Anggraini, Yeti (2017) Pengaruh strategi pembelajaran group to group terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok sumber daya alam kelas IV SD Plus Latansa Jogoloyo WonosalamTahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
As’ad, As’ad (2014) Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015 (studi tindakan kelas pada siswa kelas V). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
B
Balighoh, Ana Farkhatul (2019) Pengaruh metode classwide peer tutoring (CPT) terhadap pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam materi kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Boediasih, Sri (2015) Penerapan pembelajaran quantum learning and teaching menggunakan model inquiri materi memelihara lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas I MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
C
Chidiyanur, Atika Selvy (2016) Efektivitas metode field-trip terhadap hasil belajar siswa materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan pada kelas III MI N Guntur Demak tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Cholifah, Pandini Isma (2016) Keefektifan model penemuan terbimbing (guided discovery) dengan scientific approach dalam pembelajaran IPA materi gaya dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI NU 05 Taman Gede Kecamatan Gemuh tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Chomsiyati, Ana (2015) Peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar IPA materi menjaga lingkungan dengan menggunakan model Index Card Match di kelas III MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
F
Faidah, Lum'atul (2024) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas V di MI NU 08 Brangsong. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fajri, Badrudin Nurul (2015) Penerapan metode poster session pada mata pelajaran IPA materi pokok bumi dan alam semesta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SD Islam Al Khotimah Randusari Kecamatan Semarang Selatan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Fatmawati, Ega (2022) Analisis proses pembelajaran IPA berbasis keterampilan abad Ke-21 di kelas tinggi MI Nashrul Fajar tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fi'latun, Fi'latun (2023) Pengaruh penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar kognitif IPA pada materi sistem gerak manusia kelas V MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fikriyyah, Mahidatul (2016) Efektivitas metode eksperimen dengan pendekatan scientific pada hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat benda di kelas III MI Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fitriyah, Aini (2023) Efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media teka-teki silang terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MIS Riyadlotut Thalabah Pacing Rembang tahun 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fitriyani, Anik (2019) Pengaruh metode cooperative script berbantu media gambar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa materi perubahan pada makhluk hidup kelas III MI Manbaul Ulum Karangawen Demak tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fitriyani, Siti Ayu (2020) Pengaruh metode classwide peer tutoring terhadap pemahaman konsep IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Al-khoiriyyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
H
Hardiyanti, Tiara (2016) Pengaruh model cooperative script terhadap hasil belajar siswa materi sifat dan perubahan wujud benda kelas IV MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Harisa, Nabila (2017) Efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hartini, Sri (2015) Upaya meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa dengan metode simulasi pada mata pelajaran IPA materi kesehatan lingkungan kelas III MI Sudirman Kupang Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Hasanah, Nada' Munfathir (2024) Pengaruh media torso “modifikasi wayang kulit” terhadap pemahaman peserta didik pada materi rangka tubuh manusia kelas V MIT Nurul Islam, Ngaliyan, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hidayah, Bashirotun Nurul (2023) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MI Al Asy’ari Kuniran Pati pada materi energi alternatif. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hidayati, Laely (2016) Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam dan lingkungan di kelas III MI Nurul Iman Kendal Serut Pangkah Tegal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hunailin, David (2015) Pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan di MI Al-Hadi Girikusuma Mranggen Demak tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Husna, Vicky Azimatul (2015) Penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi pokok pesawat sederhana di MI Walisongo Kebon Rowo Pucang Karang Dadap Pekalongan tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
I
Ihsan, Muhammad (2016) Korelasi antara hasil belajar IPA materi sumber daya alam dengan peduli terhadap lingkungan sekitar peserta didik kelas IV MI Al Ittihad Mandung Wedung Demak semester II tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Iktamala, Fita (2017) Pengaruh penggunaan media video stop motion terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi pokok sumber daya alam di MI Rujchaniyyah Sumberejo Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Imron, Ahmad (2014) Penerapan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi fotosintesis untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
J
Jannah, Nurul (2017) Efektivitas penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi pokok pesawat sederhana di MI Miftahul Huda Pakis Aji Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Jannah, Umi Dzikriyatul (2019) Pengaruh model structured dyadic methods (SDM) berbantu media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas II materi kenampakan matahari di SD Islam Fastabiq Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Juwanto, Juwanto (2014) Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA materi pokok ciri-ciri makhluk hidup melalui metode diskusi pada siswa kelas III MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
K
Khafifah, Nur (2017) Efektivitas model talking stick dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pokok energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Khamidah, Khamidah (2014) Penerapan metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pokok bagian-bagian tubuh hewan pada siswa kelas 2 semester 1 MI Miftahussalam 2 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Kharisma, Vicky Sofi (2016) Efektivitas model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi pokok pesawat sederhana di MI Tsamrotul Huda 01 Kecapi Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Kusumawati, Heni Ika (2023) Pengaruh model answer playing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Futuhiyyah Palebon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
L
Lesmana, Feri (2016) Pengaruh kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar IPA materi tumbuhan dan hewan di kelas 4 MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Lestari, Sri (2014) Penerapan strategi inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Luthfiyah, Luthfiyah (2023) Pengaruh penggunaan komik terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
M
Maesaroh, Umi (2021) Pengaruh penggunaan media komik terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya kelas IV MIS Al-Huda Margalangu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Maskanah, Siti (2015) Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Maulana, M. Fahmi (2015) Implementasi model experiential learning dalam pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Mega, Indah Bela (2024) Pengaruh penerapan strategi crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif materi sistem pencernaan manusia peserta didik kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mentari, Renawati (2017) Studi deskriptif faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan pesawat sederhana kelas 5 MI Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Milatina, Pebriana Amalia Ni'matul (2023) Pengaruh model environmental learning berbasis proyek terhadap hasil belajar kognitif IPA di kelas V MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Minati, Ainur Aisyifa (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta untuk siswa kelas III MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mualim, Mualim (2016) Peningkatan prestasi belajar IPA materi pembuatan makanan pada tumbuhan dengan menggunakan metode drill dan berbantukan media LCD di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mufarroh, Atik Azizatul (2015) Implementasi pembelajaran tematik tema organ tubuh manusia sub tema cara hidup manusia, hewan dan tumbuhan kelas V di SD Islam Hj. Isriati Baiturrahman 01 Semarang tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Munadah, Siti (2014) Peningkatan hasil belajar IPA materi pokok adaptasi hewan melalui metode picture and picture di kelas V semester I MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Muryani, Yuliana (2016) Penelitian tindakan kelas meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) pada materi sifat–sifat cahaya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas V Abdurrohman bin ‘Auf MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Muslih, Muslih (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep sifat- sifat benda cair melalui metode eksperimen pada siswa kelas III MI Tholabiyah Gaji Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Mustaqfiroh, Mustaqfiroh (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar IPA materi adaptasi mahluk hidup menggunakan cooperative learning tipe team quiz di kelas V MI Miftakhul Ulum Plantungan Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Mustikaningrum, Ragil Sari (2016) Efektivitas metode pembelajaran kooperatif group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
N
Nabilah, Iin (2020) Efektivitas pendekatan saintifik berbantu media origami terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi energi kelas IV MI Mafatihul Huda Kedung Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nafi’ah, Wafirotun (2014) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi siswa kelas III semester I di MIN Wonoketingal Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Nasichin, Nasichin (2015) Peningkatan hasil belajar IPA pada materi pertumbuhan hewan dan tumbuhan dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas III MI Tawang Semarang Barat tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Nasyiuddin, Muhammad (2014) Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI materi perkembang biakan hewan di MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Ngadenan, Ngadenan (2014) Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi benda dan sifatnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 MI Miftahul Athfal Wonorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Ngasorotun Kh., Ulfa (2016) Keefektifan penggunaan media pembelajaran komik sains terhadap hasil belajar IPA materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya siswa kelas V di MI Miftakhul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Niam, Mursidi (2015) Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) melalui model inkuiri dalam materi lingkungan sehat dan tidak sehat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 semester 1 MI Bahrul Ulum Temuroso Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Nikmah, Umi Mahfiratun (2016) Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode two stay two stray dan picture and picture mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya kelas V di MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nisa, Qismaeni Maula (2015) Analisis kelayakan isi buku teks siswa kelas IV SD/MI tema peduli terhadap makhluk hidup kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Nisaa, Fitriana Khoirun (2021) Pengaruh pembelajaran IPA dengan pop-up book terhadap penguasaan konsep siswa materi siklus air kelas V MI Matholiul Falah Juwana. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
Nisa’, Rahmatun (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada pembelajaran daring materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas VI MI Khoiriyah Guwo Tlogowungu Pati. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
Noviana, Tutik (2016) Pengaruh penggunaan metode the power of two dan metode bermain jawaban terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA materi pokok gaya magnet kelas V di MI Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nugroho, Trestyo Edy (2015) Implementasi metode Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran IPA materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Nur, Dwi Marliana (2015) Efektivitas penggunaan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda dan energi pada siswa kelas III di SD Islam Al Madina Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
P
Pratiwi, Dwi Isti Darma (2002) Implementasi blended learning pada pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang di masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Prayitno, Sugeng (2016) Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi pokok sifat-sifat cahaya siswa kelas V MI Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Prihatina, Gia (2015) Peningkatan prestasi belajar sistem pernafasan manusia dan hewan dengan model small group discussion pada siswa kelas V MI Salafiyah Datar Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Prima, Menia Arfia (2015) Keefektifan pembelajaran berbasis komputer (Computer Based Instruction) model tutorial terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Pujiyanti, Siti (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar anak melalui model pembelajaran information search dalam pembelajaran IPA materi pengaruh matahari bagi kehidupan pada siswa kelas II MI Nurul Huda Genuk Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Putri, Nuris Salma Alifia (2023) Pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Manbaul Ulum Sinoman Pati. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5 (3). pp. 668-680. ISSN 2656-4548 (print); 2656-4491 (online)
Putriyanti, Azzura Ayu (2021) Pengaruh penggunaan media big book terhadap minat baca peserta didik materi sistem pencernaan manusia kelas V MI Salafiyah Plosowangi Tersono Batang tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
R
Rahmafiani, Ikka Aprilia (2023) Pengaruh strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis tematik siswa kelas V MI Beji Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Rahmawati, Rida (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe think talk write terhadap prestasi belajar siswa subtema manusia dan lingkungan kelas V MI Miftahul Huda Pasuruhan Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Rif'an, Nor (2015) Peningkatan prestasi belajar IPA dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pokok bahasan perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI semester 1 MI Manbaul Ulum Pulodarat Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Riyadi, Selamet (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat dengan metode simulasi di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak semester I tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Rochmah, Umu (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi energi bunyi melalui model student teams achievement divisions (STAD) di kelas IV Semester II MI NU Cepiring Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Rohmah, Nur Aulia (2023) Pengaruh penggunaan model kooperatif tipe make a match berbantu media interaktif pada materi sumber daya alam terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Romli, Mukhamad (2015) Penerapan metode inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema selalu berhemat energi di kelas IV MI NU 40 Bangunrejo Patebon Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
S
Sari, Intan Permata (2023) The influence of horray's course review learning model on science learning outcomes at Islamic elementary school. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5 (1). pp. 675-689. ISSN 2656-4548 (print); 2656-4491 (online)
Sari, Dewi Indah (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al-khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sauqi, Achmad (2023) Analisis minat belajar ilmu pengetahuan alam terhadap prestasi siswa kelas V di Mi Baitul Huda Klampisan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sehartian, Dea Yunia (2023) The influence of flashcard media on science learning outcomes for Islamic elementary school grade. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5 (1). pp. 427-438. ISSN 2656-4548 (print); 2656-4491 (online)
Setiawan, Agus (2023) Pengaruh media kwartet terhadap hasil belajar kognitif peserta didik materi zat tunggal dan campuran di MI Taufiqiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Shomad, Abdul (2014) Peningkatan hasil belajar IPA materi alat pencernaan manusia melalui metode small group discussion pada peserta didik kelas V MI Bustanul Ulum Morodemak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Shufiyana, Ulya (2020) Pengaruh model pembelajaran word square dipadukan metode pengklasifikasian materi sumber daya alam terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sifa, Lilik Laiyinatus (2015) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Eexplaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pencernaan makanan pada manusia kelas V di MIN Brakas Kec Dempet Kab Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Silva, Winda Aulia (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas IV MI Nurul Anwar Jetis, Bandungan Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sinin, Muh (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan media audio visual pada materi peredaran darah manusia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Siwi, Laras Grahita (2016) Efektivitas metode pembelajaran team quiz dan card sort terhadap hasil belajar IPA materi alat pencernaan makanan pada manusia untuk peserta didik kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Suprapti, Suprapti (2016) Penerapan eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V MI Falahiyyah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Susanti, Susi (2017) Efektivitas model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda kelas IV MI Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Syafiah, Ida Zahrotus (2022) Pengaruh laboratorium alam terhadap pemahaman konsep IPA materi sumber energi panas pada siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum Jogoloyo Demak tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
U
Ulum, M. Samsul (2019) Efektifitas penggunaan pendekatan SAVI (somatic, auditory, visualization, and intelectually) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi penerapan konsep energi gerak kelas 3 di MI Ianatusshibyan, Mangkang Kulon, Tugu, Semarang tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Umami, Rikha (2019) Pengembangan bahan ajar IPA kelas V SD/MI berbasis inkuiri terbimbing pada materi gaya dan gerak, pesawat sederhana, dan sifat-sifat cahaya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
W
Wahyuni, Dwi (2017) Pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Wahyuni, Sri (2015) Penggunaan literasi IPA dengan metode gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat indra peraba manusia (kulit) kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Widiastuti, Sukma Ayu (2023) Meta analisis pengaruh model pembelajaran terhadap literasi sains siswa SD/MI di Indonesia tahun 2013-2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Wirda, Lia (2023) Pengaruh teknik kolase bahan limbah dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas rendah di MI Tarbiyatul Khoirot Semarang. PAKAR (Penelitian Aktual dan Kajian Analisis Reformasi) Pendidikan, 21 (2). pp. 276-285. ISSN 1693-2226 (print); 2303-2219 (online)
Y
Yulianingsih, Yuyun (2019) Pengaruh model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat cahaya di kelas V MI Nashrul Fajar Tembalang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Yulianti, Ayu Elif (2021) Pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas V SDN 01 Kedungasem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Z
Zakiyah, Hanifah Lutfiatuz (2015) Problematika guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik integratif tema benda, hewan, dan tanaman di sekitarku siswa kelas I SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Zemi, Rifiani (2016) Efektifitas penggunaan pendekatan outdoor learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV semester II materi pokok Energi dan Perubahannya di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Zubaidah, Zubaidah (2014) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan metode demonstrasi kelas V MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Zufiana, Ana (2016) Efektivitas penggunaan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya di MI Rifa’iyah Limpung Batang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.