Penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi pokok pesawat sederhana di MI Walisongo Kebon Rowo Pucang Karang Dadap Pekalongan tahun 2014/2015

Husna, Vicky Azimatul (2015) Penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi pokok pesawat sederhana di MI Walisongo Kebon Rowo Pucang Karang Dadap Pekalongan tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911077.pdf]
Preview
Text
113911077.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan apa yang diajarkan sehingga pembelajaran di kelas lebih banyak berjalan pada satu arah saja. Siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik agar tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Penggunaan model pembelajaran discovery learning pada materi pesawat sederhana kelas V di MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan tahun 2014/2015 agar siswa lebih aktif dan kreatif dalam mencari informasi dan memecahkan masalah pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi pokok pesawat sederhana di MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VA terdiri dari 23 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara tidak terstruktur dan metode dokumentasi. Analisa data terdiri dari atas: uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t.

Berdasarkan data nilai pretest, rata-rata nilai awal dari kelas eksperimen adalah 72,71 dan kelas kontrol adalah 70,8. Sedangkan berdasarkan data nilai posttest, rata-rata nilai akhir dari kelas eksperimen adalah 84,58dan kelas kontrol 72,6. Sehingga hasil analisis uji kesamaan rata-rata dari kelas eksperimen dan kontrol diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan dari kedua kelas tersebut. Hal ini ditunjukkan dari thitung = 4,203. Hasil thitung kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 1,679. Karena thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berbeda dengan kelas yang pembelajarannya secara konvensional pada materi pokok pesawat sederhana kelas V di MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan tahun 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Discovery learning; Pembelajaran kreatif; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:50
Last Modified: 27 Nov 2021 05:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics