Pengaruh model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat cahaya di kelas V MI Nashrul Fajar Tembalang tahun ajaran 2017/2018

Yulianingsih, Yuyun (2019) Pengaruh model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat cahaya di kelas V MI Nashrul Fajar Tembalang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah kemampuan analisis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sifat-sifat cahaya sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir ilmiah siswa. Penggunaan model Learning Cycle 5E pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk menemukan konsep, mengungkapkan ide-ide, membangun pengetahuan dengan membandingkan dan menguji pengalaman siswa dengan pengetahuan baru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa materi sifat-sifat cahaya kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan yaitu studi eksperimen dengan desain posttest only control group design yaitu menempatkan subyek penelitian kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknis analisis data penelitian menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 13,166 sedangkan ttabel = 1,675 dengan taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan (Ha) dapat diterima. Data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir ilmiah siswa menggunakan model learning cycle 5E lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Hal ini disebabkan pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E mampu mengkonstruksi pemahaman konsep siswa secara baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Learning Cycle 5E; Kemampuan berpikir ilmiah; Pembelajaran sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:01
Last Modified: 29 May 2021 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9754

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics