Upaya meningkatkan kemampuan pengetahuan sains anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan pembelajaran outdoor learning di RA Al-Huda Ngablaksari Sayung tahun 2021

Ainiyah, Miftaqul (2021) Upaya meningkatkan kemampuan pengetahuan sains anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan pembelajaran outdoor learning di RA Al-Huda Ngablaksari Sayung tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106022_MIFTAQUL AINIYAH_Full] Text (SKRIPSI_1703106022_MIFTAQUL AINIYAH_Full)
1703106022_MIFTAQUL AINIYAH_Full Skripsi. - miftaqul ainiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mengingat pentingnya pengembangan kemampuan sains pada anak usia dini serta merujuk pada kelebihan-kelebihan penerapan metode pembelajaran outdoor learning. Dengan penerapan metode pembelajaran diluar kelas sebagai cara atau strategi penunjang peningkatan kemampuan sainsanak usia dini RA Al-Huda Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode pembelajaran diluar kelas pada anak usia 4-5 tahun di RA Al-Huda Sayung Demak? Bagaimana kemampuan sains anak melalui penggunaan metode pembelajaran diluar kelas di RA Al-Huda Sayung Demak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran diluar kelas di RA Al-Huda meningkat secara signifikan yaitu meliputi dari semua total siswa 11, untuk menyebutkan angka satu sampai sepuluh dari siswa 2 orang menjadi 11 orang. Untuk menyebutkan urut warna pelangi dari 1 orang yang mampu mengurutkan menjadi 11 orang. Anak berani mengutarakan pendapatnya dari 5 siswa menjadi 10 siswa. Sedangkan sikap percaya diri anak dari 8 siswa menjadi 10 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode outdoor Learning; Sains; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:31
Last Modified: 11 Jun 2022 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16212

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics