Efektifitas penggunaan pendekatan SAVI (somatic, auditory, visualization, and intelectually) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi penerapan konsep energi gerak kelas 3 di MI Ianatusshibyan, Mangkang Kulon, Tugu, Semarang tahun 2018/2019

Ulum, M. Samsul (2019) Efektifitas penggunaan pendekatan SAVI (somatic, auditory, visualization, and intelectually) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi penerapan konsep energi gerak kelas 3 di MI Ianatusshibyan, Mangkang Kulon, Tugu, Semarang tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911065_skripsi]
Preview
Text (123911065_skripsi)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Belajar berdasar aktivitas secara umum jauh lebih efektif daripada didasarkan dengan presentasi, materi, dan media. Pembelajaran yang tidak otomatis meningkat dengan menyuruh orang berdiri dan bergerak kesana-kemari. Menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indera dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Inilah yang dinamakan dengan belajar metode SAVI. MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon, Tugu, Semarang merupakan salah satu sekolah yang berupaya meningkatkan hasil pembelajaran terutama mata pelajaran IPA pada materi Penerapan Konsep Energi Gerak. Hasil belajar peserta didik untuk mata pelajaran IPA pada materi Penerapan Konsep Energi Gerak belum begitu memuaskan, jadi harus ada metode yang efektif yang dapat meningkatkan hasil belajar untuk materi ini, yaitu dengan mengefektifkan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan SAVI.
Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran SAVI (somatic, Auditorial, Visual dan Intelectual) ; Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran IPA pada Materi Penerapan Konsep Energi Gerak Kelas 3 di MI Ianatusshibyan, Mangkang Kulon, Tugu, Semarang Tahun 2018/2019 ; dan untuk mengetahui efektivitas implementasi pendekatan pembelajaran SAVI (somatic, Auditorial, Visual dan Intelectual) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pada Materi Penerapan Konsep Energi Gerak Kelas 3 di MI Ianatusshibyan, Mangkang Kulon, Tugu, Semarang Tahun 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Ianatusshibyan yang beralamat di Kelurahan Mangkang Kulon Kecamatan Tugu Kotamadia Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ianatusshibyan dengan membagi kelas 3A untuk kelas eksperimen dan kelas 3B untuk kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan pendekatan SAVI lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA untuk Materi Penerapan Konsep Energi Gerak, dengan rata-rata nilai hasil kognitif kelas eksperimen 86,970 dan rata-rata nilai kelas kontrol diperoleh 73,636 denganthitung = 4,488dan ttabel= 1,66901 karena thitunglebih besar ttabel, maka Ho ditolak dan Ha di terima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan pendekatan SAVI efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas 3 MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Tugu Semarang pada Pembelajaran IPA untuk Materi Penerapan Konsep Energi Gerak daripada menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah).
Hasil perhitungan N-Gain dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen sama-sama cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas 3 untuk materi penerapan energi gerak, dimana kategori N-Gain berada pada Efek Sedang, tetapi Metode Eksperimen memberikan efek N-Gain yang jauh lebih tinggi (Angka N-Gain 0,65 pada kelas Ekperimen dibanding Angka N-Gain 0,38 pada kelas Kontrol, dengan selisih N-Gain sebesar 0,27.
Dalam proses pembelajaran, pendekatan belajar SAVI ada pemberian tugas kelompok dan tugas individu agar peserta didik dapat menguasai materi dengan baik. Peserta didik dapat memperhatikan peserta didik lain menjelaskan materi. Peserta didik dapat belajar presentasi menguraikan materi setelah bereksperimen, maka dengan demikian pendekatan belajar SAVI (somatic, auditory, visual, intellectually) memberikan pengaruh yang lebih baik pada hasil belajar peserta didik kelas 3 pada mata pelajara IPA Materi Penerapan Konsep Energi Gerak di MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Tugu Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Metode pembelajaran; Somatic; Auditory; Visualization; Intelectually; Konsep Energi Gerak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:14
Last Modified: 29 May 2021 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10504

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics