Pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas V SDN 01 Kedungasem

Yulianti, Ayu Elif (2021) Pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas V SDN 01 Kedungasem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096105_Ayu Elif Yulianti_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096105_Ayu Elif Yulianti_Lengkap)
1703096105_Ayu Elif Yulianti_Lengkap Tugas Akhir - Ayu Elif Yulianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat berpengaruh terhadap kreativitas siswa atau tidak. Metode penelitian yang diguakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental dengan desaign One-Group Pretest Posttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sama yaitu siswa kelas V SDN 01 Kedungasem yang berjumlah 16 siswa.
Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi biserial diperoleh hasil rhitung = 0,765 dan rtabel = 0,468, maka rhitung > rtabel yang artinya terdapat korelasi antara penerapan metode mind mapping terhadap kreativitas siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda pada kelas V SDN 01 Kedungasem.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan metode pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Mind mapping; Kreativitas siswa; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); Perubahan wujud
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:19
Last Modified: 03 Dec 2021 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics