Efektivitas metode field-trip terhadap hasil belajar siswa materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan pada kelas III MI N Guntur Demak tahun ajaran 2015/2016

Chidiyanur, Atika Selvy (2016) Efektivitas metode field-trip terhadap hasil belajar siswa materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan pada kelas III MI N Guntur Demak tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (842kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode field-trip terhadap hasil belajar siswa materi lingkungan kelas III MIN Guntur Demak ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memakai metode field-trip. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa, dan kelas III B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknikCluster Random Sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Kedua kelas diuji keseimbanganya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum diberi perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan metode pembelajaran field-trip sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Pengujian hipotesis digunakan uji t-tes dua sampel independen pihak kanan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung= 5,370. Sedangkan harga t_tabel untuk taraf kesalahan 5% dengan dk=53 diperoleht_tabel=1,674.Karena t_(hitung )>t_tabel hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 84,32lebih baik dari rata-rata nilai akhir kelas kontrol yaitu = 69,41. Hasil uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA materi lingkungan menggunakan metode field-trip lebih baik dari pada menggunakan metode konvensional. Jadi pembelajaran dengan metode pembelajaran field-trip efektif terhadap hasil belajar materi lingkungan siswa kelas III tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Field-trip; Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:13
Last Modified: 12 Jun 2021 05:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics