Pengaruh metode classwide peer tutoring terhadap pemahaman konsep IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Al-khoiriyyah 01 Semarang

Fitriyani, Siti Ayu (2020) Pengaruh metode classwide peer tutoring terhadap pemahaman konsep IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Al-khoiriyyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096073_Siti_Ayu_Fitriyani]
Preview
Text (Skripsi_1603096073_Siti_Ayu_Fitriyani)
Skripsi_1603096073_ Siti Ayu Fitriyani.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa pengeruhnya metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring terhadap pemahaman konsep siswa materi IPA siklus air pada siswa kelas V MI Al- Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring terhadap pemahaman konsep IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Al- Khoiriyyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain “post test only control design”. Populasi pada penelian ini adalah semua siswa kelas V MI Al- Khoiriyyah 1 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data meliputi tahap awal, analisis instrument dan anlisis tahap akhir.
Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 3,537 sedangkan ttabel = 1,697. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulakan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan metode Classwide Peer Tutoring adalah 86,75 sedangkan model pembelajaran konvensional adalah 72,92. Adapun pengaruh dari metode Classwide Peer Tutoring terhadap pemahaman konsep yaitu sebesar 0,652 dan dalam bentuk persentase sebesar 42,51%. Dari uraian tersebut dapt disimpulkan bahwa metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Al- Khoiriyyah 01 Semarang tahun pembelajaran 2019/2020.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran Classwide Peer Tutoring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lain sesuai. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas variasi pembelajarannya di kelas agar siswa semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Classwide Peer Tutoring; Pemahaman Konsep; Materi Siklus Air; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:08
Last Modified: 11 Jun 2021 02:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13040

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics