Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada pembelajaran daring materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas VI MI Khoiriyah Guwo Tlogowungu Pati

Nisa’, Rahmatun (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada pembelajaran daring materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas VI MI Khoiriyah Guwo Tlogowungu Pati. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096024_Rahmatun Nisa_Lengkap] Text (Skripsi_1703096024_Rahmatun Nisa_Lengkap)
1703096024_Rahmatun Nisa__Lengkap Tugas Akhir - Rahmatun Nisa_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penggunaan media pembelajaran pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MI Khoiriyah selama masa pandemi Covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada pembelajaran daring materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas VI MI Khoiriyah Guwo.
Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain one group pretest posttest design. Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI Khoiriyah Guwo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan tes.
Berdasarkan perhitungan uji Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil thitung (8,8749) > ttabel (2,0687), yang berarti bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep IPA siswa sebelum dan sesudah adanya perlakuan (treatment). Berdasarkan uji koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil rhitung (0,9169) > rtabel (0,4044) dan KD 84,64%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada pembelajaran daring materi perkembangbiakan tumbuhan dengan kontribusi sebesar 84,64% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media interaktif; Android; Pembelajaran daring; Pemahaman konsep; Perkembangbiakan tumbuhan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jul 2022 00:49
Last Modified: 04 Jul 2022 00:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16353

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics