Implementasi blended learning pada pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang di masa pandemi covid-19

Pratiwi, Dwi Isti Darma (2002) Implementasi blended learning pada pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang di masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096042_Dwi_Isti_Darma_Pratiwi] Text (Skripsi_1603096042_Dwi_Isti_Darma_Pratiwi)
Skripsi_1603096042_Dwi_Isti_Darma_Pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19, pemerintah memberlakukan physical distancing dan sosial distancing. Untuk wilayah zona kuning dan hijau diperbolehkan pembelajaran tatap muka terbatas atau blended learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi blended learning di kelas IV A MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang implementasi blended learning yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) blended learning dimulai dari perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru seperti perangkat pembelajaran, media pembelajaran, menentukan aplikasi pembelajaran yang digunakan, dan menyiapkan materi pembelajaran IPA. (2) pada tahap pelaksanaan blended learning di MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang antara lain: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) pada tahap evaluasi yaitu berisikan penilaian yang digunakan yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Blended learning; Pandemi Covid-19; Pembelajaran daring; Pembelajaran tatap muka; Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:06
Last Modified: 05 Oct 2022 09:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics