Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas IV MI Nurul Anwar Jetis, Bandungan Semarang tahun pelajaran 2020/2021

Silva, Winda Aulia (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas IV MI Nurul Anwar Jetis, Bandungan Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133911064_WINDA_AULIA_SILVA] Text (SKRIPSI_133911064_WINDA_AULIA_SILVA)
133911064_WINDA AULIA SILVA_TUGAS AKHIR - winda aulia(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Anwar Jetis Bandungan Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas IV MI Nurul Anwar Jetis Bandungan Semarang.
Penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi perubahan wujud benda pada mata pelajaran IPA DI mi Nurul Anwar Jetis Bandungan Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 3,995 > 2,086. Dari hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa Ho ditolak dan HI = diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dalam mendidik di lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran inkuiri; Hasil belajar; Siswa; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:02
Last Modified: 05 Mar 2022 05:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics