Pelaksanaan Mata Pelajaran PAI dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SD Negeri Lempuyang Kabupaten Demak

Robi’atun, Robi’atun (2012) Pelaksanaan Mata Pelajaran PAI dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SD Negeri Lempuyang Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111153_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111153_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111153_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111153_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111153_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111153_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111153_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah-sekolah pada saat ini merupakan tema yang menarik untuk dicermati. Hal ini tidak lepas dari gerakan peningkatan mutu pendidikan yang dicanangkan oleh Mendiknas dan untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini untuk mengetahui gambaran bagaimana guru di sekolah SD Negeri Lempuyang Kabupaten Demak melaksanakan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembelajaran tematik. Namun pembelajaran tematik ini tidak bias dispesifikasikan dengan satu mata pelajaran saja, karena pembelajaran tematik bukanlah satu mata pelajaranyang dapat berdiri sendiri, melainkan beberapa materi pelajaran yang dipadukan dalam satu tema. .Untuk itu yang dimaksud dengan pelaksanaan pembelajaran tematik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah SD Negeri Lempuyang Kabupaten Demak adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran di mana tema yang diambil ada hubungannya dengan materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis induktif, deduktif, yaitu: data yang diperoleh digambarkan kemudian dianalisis tanpa mempersoalkan hubungan antara variable dan mengumpulkan sumber data yang berasal dari komunikasi, wawancara, observasi dan literatur yang berhubungan dengan materi-materi penelitian. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembelajaran tematik di kelas II sekolah SD Negeri Lempuyang Kabupaten Demak telah mampu meningkatkan kreativitas peserta didik untuk mengintegrasikan antara mapel PAI, PKN dan Bahasa Indonesia, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih perlu adanya perbaikan-perbaikan untuk meminimalisir gejala-gejala buruk yang akan terjadi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:24
Last Modified: 05 Dec 2013 06:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item