Peningkatan motivasi dan hasil belajar materi ruang dimensi tiga dengan pendekatan kontekstual kelas X semester genap MAN Bawu Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Aliyah, Muhimmatul (2015) Peningkatan motivasi dan hasil belajar materi ruang dimensi tiga dengan pendekatan kontekstual kelas X semester genap MAN Bawu Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113511021.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas X -7 MAN Bawu Jepara pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 masih dibawah KKM yang ditentukan, yakni 71. Hal ini disebabkan peserta didik kesulitan melakukan visualisasi materi ruang dimensi tiga sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan menentukan proyeksi pada bidang sedangkan pembelajaran dilakukan dengan metode yang monoton dan tidak ada variasi pendekatan dan strategi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi ruang dimensi tiga kelas X MAN Bawu Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan pendekatan kontekstual materi ruang dimensi tiga kelas X MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik di atas 75%, peningkatan hasil belajar di atas KKM dan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal sebanyak 75%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-7 MAN Bawu Jepara tahun pelajaran 2014/2015 yakni 34 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, wawancara, tes, observasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan menghitung rata-rata nilai dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, persentase untuk motivasi belajar siklus I ke siklus II meningkat dari 63,04% ke 76,33% atau sebesar 13,29%. Pada hasil belajar peserta didik, terdapat peningkatan rata-rata dari 72,01 ke 75,32 atau sebesar 3,31 poin. Ketuntasan belajar klasikal peserta didik meningkat dari 68,75% ke 79,41% atau sebesar 10,66%. Pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Namun tidak serta merta dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik, karena hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kemampuan pengelolaan kelas, kemampuan dan kemauan peserta didik, konsentrasi, ketelitian dan sebagainya. Sehingga disarankan kepada guru agar melakukan pembelajaran inovatif, bervariasi, mengkontekstualkan materi dan menggunakan media serta alat peraga menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pendekatan kontekstual; Ruang dimensi tiga; Motivasi belajr; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Saminanto, S. Pd., M. Sc.; Drs. Muslam, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:48
Last Modified: 30 Mar 2016 01:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5107

Actions (login required)

View Item View Item