Efektivitas penggunaan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four dan Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi Matematika dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok segiempat Kelas VII SMP NU 07 Brangsong semester genap tahun pelajaran 2014/2015

Indaryani, Feny (2015) Efektivitas penggunaan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four dan Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi Matematika dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok segiempat Kelas VII SMP NU 07 Brangsong semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113511044.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four dan Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP NU 07 Brangsong pada materi segiempat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP NU 07 Brangsong. Sampel penelitian ini dari kelompok eksperimen kelas VIIA sebanyak 36 peserta didik dan kelompok kontrol kelas VIIC sebanyak 37 peserta didik. Jadi, banyaknya sampel seluruhnya adalah 73 peserta didik yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VII SMP NU 07 Brangsong diantaranya: (1) Pembelajarannya satu arah karena peserta didik hanya mendengarkan penjelasan guru, (2) Peserta didik tidak fokus dengan pembelajaran, (3) Peserta didik kesulitan untuk menerjemahkan bentuk simbol, rumus, maupun gambar dalam bentuk lisan maupun tulisan, (4) Peserta didik jarang bertanya tentang matematika baik kepada teman maupun kepada guru, (6) Hasil belajar peserta didik di bawah KKM. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut. Kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada kelas eksperimen memperlihatkan peningkatan yang lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya peserta didik kelas eksperimen yang berkriteria kurang maupun cukup pada pertemuan III, bahkan peserta didik dengan kriteria baik mencapai 34 orang (94%) dan sangat baik mencapai dua orang (6%). Sedangkan pada pertemuan III peserta didik kelas kontrol dengan kriteria cukup ada sepuluh orang (27%), kriteria baik mencapai 27 orang (73%), dan tidak ada peserta didik dengan kriteria sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran the power of two and four dan talking stick efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi pokok segiempat. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang awalnya 72,58 meningkat menjadi 89,00. Nilai rata-rata peserta didik juga telah melampaui nilai KKM yaitu lebih dari 74. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 7,07 dan ttabel = 1,994 dengan taraf signifikan 5% dan = 36 + 37 – 2 = 71. Karena maka H0 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran the power of two and four dan talking stick efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Budi Cahyono, S. Pd., M. Si.; Dra. Miswari, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematika; Metode pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:27
Last Modified: 30 Mar 2016 01:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item