Efektifitas model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi lengkung pada peserta didik kelas IX SMPNU 07 Brangsong Kendal

Winarsih, Rian (2015) Efektifitas model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi lengkung pada peserta didik kelas IX SMPNU 07 Brangsong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113511056.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkan penuturan Bapak Rochmat Effendi salah satu guru matematika di SMP NU 07 Brangsong Kendal menyatakan bahwa dalam materi pokok bangun ruang sisi lengkung sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam mengingat rumus-rumus bangun ruang sisi lengkung. Hal ini terjadi karena peserta didik belum begitu paham terhadap materi, sehingga mereka kesulitan dalam menggunakan rumus yang tepat dalam menyelesaikan soal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan peserta didik dalam bangun ruang sisi lengkung adalah dengan memanfaatkan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point dalam pembelajaran. Melalui penelitan ini, akan diimplementasikan penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain posttest-only control design. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP NU 07 Brangsong Kendal yang terbagi dalam 4 kelas sebanyak 149 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas, sehingga terpilih peserta didik kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IX A sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberi tes pilihan ganda dan essay dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya di kelas IX D sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 2,061 sedangkan t(0,95)(69) = 1,667. Karena thitung > t(0,95)(69) maka ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran dengan metode konvensional. Selain itu nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,74 juga lebih baik dari nilai sebelumnya sebesar 63,92. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari nilai sebelum eksperimen, di mana nilai tersebut juga lebih besar dari kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point memberikan efek lebih baik terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP NU 07 Brangsong dan disarankan guru dapat mengembangkan penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya yang dirasa tepat menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan peta konsep berbantuan power point.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Student facilitator; Hasl belajar; Matematika; Bangun ruang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Lulu Choirun Nisa, S. Si, M. Pd.; Muhammad Nafi Annury, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:38
Last Modified: 30 Mar 2016 01:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item