Peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD di Kelas VIII A SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Muslikatun, Muslikatun (2015) Peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD di Kelas VIII A SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611075.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pembelajaran yang selama ini dilakukan di kelas VIII A SMP TAQ Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara yang masih melakukan proses pembelajaran IPA dengan metode konvensional ceramah dan tanya jawab, sehingga menjadikan siswa pasif dalam pembelajaran yang dilakukan sehingga mengakibatkan siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran Salah satu model untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran IPA materi cahaya di kelas VIII A? 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi cahaya menggunakan model cooperative learning tipe STAD di kelas VIII A? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran IPA materi cahaya di kelas VIII A dimulai dari do’a dan absensi, apersepsi dilanjutkan guru membagi kelompok, siswa melakukan eksperimen sesuai dengan LK, guru memberikan tugas kepada semua kelompok untuk berdiskusi dengan menyelesaikan LKS yang diberikan guru, setelah diskusi selesai guru mempersilahkan setiap kelompok presentasi dan dikomentari kelompok lain, guru memberikan penghargaan dengan memajang kelompok terbaik di papan tulis, terakhir guru mengajak berdo’a bersama. 2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi cahaya menggunakan model cooperative learning tipe STAD di kelas VIII A mengalami peningkatan setiap siklusnya, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 siswa pra siklus ada 11 siswa atau 37% yang tuntas, kemudian mengalami kenaikan pada siklus I yaitu ada 20 siswa atau 67% dan pada siklus II ada 26 siswa atau 87%, sedangkan keaktifan belajar peserta didik siklus I yaitu ada 18 siswa atau 60% dan pada siklus II ada 25 siswa atau 83%, hasil tersebut sesuai indikator yang ditentukan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Cahaya; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Mar 2016 07:26
Last Modified: 18 Mar 2016 07:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5142

Actions (login required)

View Item View Item