Keefektifan pembelajaran berbasis komputer (Computer Based Instruction) model tutorial terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang

Prima, Menia Arfia (2015) Keefektifan pembelajaran berbasis komputer (Computer Based Instruction) model tutorial terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911026.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction) model tutorial terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen yaitu true experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB. Kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 15 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes untuk memperoleh data tentang prestasi belajar. Metode observasi untuk mengetahui keadaan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Metode dokumentasi untuk memperoleh data nama dan jumlah peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Kemudian, kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan pembelajaran berbasis komputer model tutorial sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 5,320 sedangkan ttabel = 1,694. Karena thitung > ttabel berarti pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction) model tutorial efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 73,4, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata lebih rendah yaitu 56,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction) model tutorial efektif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis komputer; Tutorial; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. Li’anah, M. Pd.; Drs. H. Mustopa, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Mar 2016 00:48
Last Modified: 23 Mar 2016 00:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item View Item