Efektivitas penggunaan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda dan energi pada siswa kelas III di SD Islam Al Madina Semarang

Nur, Dwi Marliana (2015) Efektivitas penggunaan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda dan energi pada siswa kelas III di SD Islam Al Madina Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911039.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda dan energi pada siswa kelas III di SD Islam Al Madina Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh proses pengajaran IPA kelas III di SD Islam Al Madina Semarang pada umumnya masih menggunakan metode ceramah, serta penggunaan media dan metode belajar belum bervariasi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh penggunaan metode Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda dan energi pada siswa kelas III di SD Islam Al Madina Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain “pretest posttest control group design” yang dilaksanakan di kelas III di SD Islam Al Madina Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul setelah perlakuan diuji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 76,91 dan kelas kontrol = 69,83. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh thitung = 51,087 sedangkan ttabel = 1,671 Karena maka ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda dan energi peserta didik yang diajar dengan metode Practice Rehearsal Pairs lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Practice Rehearsal Pairs efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda dan energi pada kelas III di SD Islam Al Madina Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Practice Rehearsal Pairs; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Wenty Dwi Yuniarti, S. Pd., M. Kom.; Dr. H. Shodiq, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Mar 2016 00:52
Last Modified: 23 Mar 2016 00:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5194

Actions (login required)

View Item View Item