Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab materi usroti dengan metode drill kelas IVB semester 2 MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2014-2015

Luthfiyah, Nurul Isna (2015) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab materi usroti dengan metode drill kelas IVB semester 2 MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123911150.pdf]
Preview
Text
123911150.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini rumusan permasalahan yang diangkat adalah : Bagaimana pelaksanaan metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa arab pada materi usroty kelas IV B MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Kec. Ngaliyan Kota Semarang? Apakah melalui penggunaan metode drill pada materi usroty dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?

Dari rumusan di atas, penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab pada materi usroty semester 2 Kelas IV B MI Miftahul Akhlaqiyah Tahun Pelajaran 2014/2015?

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase. Untuk membuktikannya peneliti menggunakan2 siklus, yaitu Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Subyek penelitian adalah siswa IV B MI Miftahul Akhlaqiyah sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Usroty. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai yang mengalami peningkatan. Pada test Pra Siklus ketuntasan belajar siswa sebesar 29,03% (7 siswa yang tuntas). Setelah menggunakan metode drill hasil test menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I ketuntasan belajar siswa kelas IV B mencapai 58,06%, (16 siswa yang tuntas) dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90,32% (27 siswa yang tuntas).

Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode drill ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV B MI. Miftahul Akhlaqiyah pada mata pelajaran Bahasa Arab materi Usroty. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; bahasa Arab; Metode pembelajaran; Bahasa untuk pendidkan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic > 492.78 Arabic standard usage (Linguistik Bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:44
Last Modified: 09 Dec 2021 10:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5218

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics