Pengaruh metode demontrasi terhadap prestasi belajar siswa materi getaran gelombang di MTs Islamic Centre Kudus tahun pelajaran 2014/2015

Sumarno, Mohamad (2016) Pengaruh metode demontrasi terhadap prestasi belajar siswa materi getaran gelombang di MTs Islamic Centre Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611055.pdf]
Preview
Text
113611055.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode demontrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada materi Getaran dan Gelombang di MTs Islamic Centre Kudus?
2) Bagaimana kemampuan daya serap siswa dalam memahami materi pada pembelajaan fisika materi getaran dan gelombang dengan metode demontrasi?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demontrasi terhadap prestasi siswa kelas VIII pada pembelajaran fisika materi getaran dan gelombang di MTs ISLAMIC CENTRE kudus dan untuk mengetahui kemampuan daya serap siswa dalam memahami materi pada pembelajaan fisika materi getaran dan gelombang dengan metode demontrasi.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs ISLAMIC CENTRE kudus pada tanggal 18 Maret 2015 sampai 17 April 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs ISLAMIC CENTRE Kudus yang berjumlah 25 orang. Data penelitian ini berupa data aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan hasil tes metode demontrasi. Aktivitas siswa diketahui dari lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diketahui dari hasil evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus dan hasil tes demontrasi diketahui dari hasil presentasi siswa. Ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan hasil skor evaluasi yang dilaksanakan di setiap siklus menggunakan kriteria ketuntasan belajar. Siswa mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai ≥ 70 dan daya serap klasikal 85% siswa yang mencapai nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)efektivitas pembelajaran sangat tinggi, berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan daya serap siswa, efektivitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran demontrasi pada materi getaran dan gelombang tergolong tinggi, yaitu, 86% untuk aktivitas siswa dan 92% untuk daya serap siswa; 2)daya serap siswa sangat baik, daya serap siswa dari siklus I sampai siklus III selalu mengalami peningkatan dan pada siklus III mencapai 92%; 3)ketuntasan belajar siswa sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang selalu meningkat dari siklus I sampai siklus III dan juga berdasarkan daya serap siswa terhadap materi getaran dan gelombang yang sangat tinggi; 4) kemampuan siswa dalam menjawab soal sangat baik, hal ini berdasarkan hasil tes demontrasi yang selalu meningkat dari siklus I sampai siklus III dan pada siklus III mencapai ketuntasan 96%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui metode demontrasi telah mampu meningkatkan aktivitas, pemahaman konsep fisika dan prestasi siswa kelas VIII MTs ISLAMIC CENTRE pada materi pembelajaran getaran dan gelombang .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Prestasi belajar; Getaran dan gelombang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:26
Last Modified: 22 May 2021 02:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics