Efektivitas model problem posing menggunakan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN Mlaten Mijen Demak pada materi pengukuran sudut.

Aristiyowati, Hesti (2014) Efektivitas model problem posing menggunakan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN Mlaten Mijen Demak pada materi pengukuran sudut. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911021.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas model problem posing menggunakan alat peraga pada materi pengukuran sudut. Penelitian ini, bertujuan untuk menguji atau membuktikan efektivitas model problem posing menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN Mlaten Mijen Demak pada materi pengukuran sudut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental berdesain “Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design”, dilaksanakan pada kelas V di MIN Mlaten Mijen Demak. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 anak, dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 anak dengan jumlah keseluruhan 61 anak. Sedangkan yang menjadi kelas uji coba adalah kelas VI B dengan jumlah 30 anak. Penelitian ini dinamakan penelitian populasi karena jumlah dari populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama-nama peserta didik kelas V MIN Mlaten Mijen Demak tahun ajaran 2013/ 2014. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi pengukuran sudut. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model problem posing menggunakan alat peraga sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Dari perhitungan uji normalitas kelas eksperimen diperoleh hitung (2, 83294) < tabel (11, 0705), sehingga berdistribusi normal. Sedangkan kelas kontrol diperoleh hitung (-1,26772) < tabel (11, 0705), sehingga data hasil penelitian tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh = 1,022 dan = 1,85 dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Sedangkan pada uji kesamaan dua rata-rata diperoleh = -0,341 dan = 2,0010, Sehingga di ketahui = -0,341 < = 2,0010. Berdasarkan uji persamaan dua rata-rata (uji t) kemampuan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda secara signifikan. Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbadaan dua rata-rata. Uji normalitas kelas eksperimen diperoleh hitung (5,66806) < tabel (11,0705), sedangkan kelas kontrol diperoleh hitung (5,03869) < tabel (11, 0705), jadi hasil penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,100 dan Ftabel = 1,847, dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Kemudian untuk uji perbedaan dua rata-rata diketahui besarnya thitung = 2,322 > ttabel = 1,6720 dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 71,17 dan besarnya rata-rata kelas kontrol adalah 62,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem posing menggunakan alat peraga efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN Mlaten Mijen Demak pada materi pengukuran sudut. Kata kunci: efektivitas, model problem posing,

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem posing, matematika, jam sudut
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Saminanto, Wenty Dwi Yuniarti.
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:27
Last Modified: 08 Apr 2016 03:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5336

Actions (login required)

View Item View Item