Keefektifan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Getaran dan Gelombang di SMP Hasanuddin 07 Semarang

Zainurrohmah, Eka (2016) Keefektifan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Getaran dan Gelombang di SMP Hasanuddin 07 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611018.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Hasanuddin 07 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII dimana kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk mengambil data nama peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice tes) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran visualization, auditory, kinestethic (VAK) sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji perbedaan dua rata-rata yaitu dengan uji t satu pihak kanan. Berdasarkan Uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5% dan n = 26 diperoleh ttabel =1,67. Sedangkan thitung = 2,091. Karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa pengajaran fisika dengan model pembelajaran visualization, auditory, kinestethic lebih efektif dari pada pengajaran fisika dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80 dan kelompok kontrol = 74,4 Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada materi pokok getaran dan gelombang dengan menggunakan model pembelajaran visualization, auditory, kinestethic lebih baik daripada hasil belajar fisika materi pokok getaran dan gelombang dengan pembelajaran konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan menjadi inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran visualization, auditory, kinesthethic dalam proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Visualization Auditory Kinestethic (VAK); Getaran; Gelombang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Additional Information: Pembimbing: H. Amin Farih, M. Ag.; Wenty Dwi Yuniarti, S. Pd., M. Kom.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:29
Last Modified: 04 Oct 2016 00:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item