Pengembangan modul berorientasi unity of sciences dengan pendekatan contextual teaching and learning pada materi Termokimia

Putri, Dwi Susanti (2016) Pengembangan modul berorientasi unity of sciences dengan pendekatan contextual teaching and learning pada materi Termokimia. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113711036.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari Prof. Dr. Sugiyono yang dibatasi sampai pada tahap uji coba kelas kecil dan tahap perbaikan desain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan Modul Berorientasi Unity of Sciences dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Termokimia dan untuk mengetahui kualitas dari modul berorientasi unity of sciences dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi termokimia yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MAN 2 semarang kelas XI IPA 1 yang berjumlah 6 orang. Untuk menentukan kualitas modul yang telah dikembangkan dilakukan validasi oleh tim ahli, uji isian rumpang dan angket penilaian kualitas modul oleh peserta didik. Tim ahli terdiri dari 3 orang validator yang terdiri dari 2 dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang dan 1 guru kimia MAN 2 Semarang. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan modul dilakukan pre test dan post test pada kelas kecil. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kualitas produk sesuai dengan kriteria persentase keidealan. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya modul termokimia berorientasi unity of sciences dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) yang bentuk pengembangannya sesuai dengan model pengembangan Prof. Dr. Sugiyono. Hasil validasi modul menggambarkan kategori valid dengan pencapaian persentase rata-rata sebesar 70,20%. Hasil uji keterbacaan modul diperoleh persentase rata-rata 95,33 % yang menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan modul tergolong pada kategori tinggi. Penilaian peserta didik terhadap modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 96,15 % yang menyatakan bahwa modul sangat valid dan layak. Penilaian aspek kognitif yang diuji dengan menggunakan N-gain mencapai 0,78 yang termasuk dalam kategori tinggi. Penilaian aspek afektif mencapai skor rata-rata 88% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasilpenelitian tersebut diatas dapat dinyatakan bahwa Modul berorientasi unity of sciences dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi termokimia memiliki kualitas yang baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Buku ajar; Contextual Teaching and Learning (CTL); Termokimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Additional Information: Pembimbing: Mulyatun, M. Si.; H. Nur Khoiri, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:36
Last Modified: 04 Oct 2016 00:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5895

Actions (login required)

View Item View Item