Efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan metakognitif berbasis e-komik terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika materi pokok Limit Fungsi pada siswa kelas XI jurusan IPA MAN Kendal tahun pelajaran 2015/2016

Lestari, Lestari (2016) Efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan metakognitif berbasis e-komik terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika materi pokok Limit Fungsi pada siswa kelas XI jurusan IPA MAN Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (9MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan alat untuk mengembangkan cara berfikir logis dan sistematis. Dalam kegiatan pembelajaran matematika tugas utama seorang guru adalah menyampaikan informasi kepada peserta didiknya, guru juga harus bisa memotivasi dan menumbuhkan sikap bekerjasama serta bertanggungjawab terhadap keberhasilan diri sendiri maupun orang lain. Suasana belajar yang menyenangkan juga harus selalu diterapkan dalam pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Model ini didesain dan dikombinasikan dengan media e-komik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada materi limit fungsi. Melalui model pembelajaran di atas siswa mampu memperoleh pengetahuannya sendiri melalui keaktifannya dalam belajar dan kesadaran siswa akan proses berfikir, yang demikian dinamakan pendekatan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan metakognitif berbasis e-komik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi limit fungsi, serta mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi dengan hasil belajar materi limit fungsi setelah dilakukan pembelajaran model TPS dengan pendekatan metakognitif berbasis e- komik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Kendal semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel, yakni kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas XII IPA 2 sebagai kelas uji coba. Untuk mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran matematika materi limit fungsi diberikan angket motivasi pada kelas eksperimen sebanyak dua kali. Pada pertemuan kedua ada 8 siswa yang motivsi belajarnya tinggi, kemudian pada pertemuan ketiga naik menjadi 16 siswa. Pada pertemuan kedua 14 siswa memiliki motivasi sedang, 3 siswa memiliki motivasi rendah, dan 1 siswa memiliki motivasi sangat rendah. Kemudian pada pertemuan keempat siswa yang memiliki motivasi sedang menurun menjadi 8 siswa. Sedangkan untuk mengetahui nilai hasil belajar siswa digunakan tes setelah pembelajaran selesai. Soal yang digunakan sebelumnya telah diujicobakan di kelas XII IPA 2. Berdasarkan uji prasyarat kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari 50,04 menjadi 79,10. Sedangkan kelas kontrol rata-rata belajarnya juga meningkat dari 53,81 menjadi 71,96. Selanjutnya diuji dengan menggunakan uji t dengan kriteria penolakan H0 adalah thitung > ttabel. Dari perhitungan diperoleh thitung = 1,775 dan ttabel = 1,676 dengan taraf signifikan 5% dan dk = n1 + n2 – 2 = 50. Jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Setelah itu dilakukan uji korelasi untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan hasil belajar. Berdasarkan analisis diperoleh persamaan regresi Y = 60,2 + 0,4X. Sedangkan rhitung = 0,184 dengan = 26 diperoleh rtabel = 0,323, maka rhitung < rtabel itu berarti H0 diterima bahwa tidak ada korelasi antara motivasi dengan hasil belajar. Namun jika dilihat nilai rhitung = 0,184 menunjukkan bahwa ada korelasi langsung atau positif antara motivasi dengan hasil belajar akan tetapi korelasi tersebut tidak signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan metakognitif berbasis e-komik efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi limit fungsi siswa kelas XI jurusan IPA MAN Kendal tahun pelajaran 2015/2016.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Think-Pair-Share (TPS); Pendekatan metakognitif; Motivasi belajar; Hasil belajar; Limit fungsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Additional Information: Pembimbing: Budi Cahyono, S. Pd., M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Oct 2016 01:30
Last Modified: 05 Oct 2016 01:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item View Item