Pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi geometri dikontrol dengan kemampuan spasial di SMA N 13 Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Yumniyati, Khisna (2016) Pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi geometri dikontrol dengan kemampuan spasial di SMA N 13 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123511043.pdf - Accepted Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Kemampuan spasial adalah ”kemampuan seseorang untuk menangkap ruang dengan segala implikasinya.” Kecerdasan ini bermanfaat untuk menempatkan diri dalam berbagai pergaulan sosial, pemetaan ruang, gambar, teknik, dimensi dan sebagainya yang berkaitan dengan ruang nyata maupun ruang abstrak. Kemampuan spasial memuat kemampuan seseorang untuk memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang. Geometri adalah salah satu materi matematika kelas X yang berisi tentang kedudukan titik, garis, dan bidang pada bangun ruang, menggambar dan menghitung jarak titik ke garis dan titik ke bidang. Untuk memecahkan soal-soal dalam geometri, seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan spasial. Karena dalam materi geometri banyak materi-materi soal yang tidak dapat diwujudkan dalam bentuk atau bangun yang sesungguhnya, sehingga hanya divisualisasikan atau digambarkan dalam bentuk dimensi dua. Visualisasi dimensi tiga ke dalam bentuk dimensi dua inilah yang membutuhkan imajinasi dan abstraksi peserta didik, sehingga sering membingungkan bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara kemampuan spasial ditinjau dari perbedaan jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kreatif materi geometri kelas X SMA N 13 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 13 Semarang yang berjumlah 286 siswa dari 8 kelas. Populasi tersebut terbagi ke dalam tiga sub populasi. Sub populasi pertama oleh kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 4. Sub populasi ke dua yaitu kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3. Dan sub populasi ke tiga yaitu X IBB. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dari tiga sub populasi tersebut terpilih sub populasi pertama sebagai sampel. Sampel tersebut adalah X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 4 dengan jumlah 153 siswa yang terdiri 55 putra dan 98 putri. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis kovarian. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh antara kemampuan spasial ditinjau dari perbedaan jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kreatif materi geometri kelas X SMA N 13 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 0,146 dengan JKa = 19,026 dan JKd = 19560,196. Dengan signifikansi 5% dan dk1 = 1, dk2 = 150, diperoleh Ftabel = F(0,05;1;150) = 3,904. Karena yaitu 0,146<3,904, maka diterima sehingga tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif materi geometri laki-laki dan perempuan yang di kontrol oleh kemampuan spasial.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gender; Berpikir kreatif; Kemampuan spasial; Geometri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 160 Logic
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Additional Information: Pembimbing: Mujiasih, S. Pd., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Oct 2016 01:34
Last Modified: 05 Oct 2016 01:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item View Item