Efektivitas model pembelajaran integratif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada materi himpunan MTs al-Furqon Kudus tahun ajaran 2015/2016

Jannah, Miftahul (2016) Efektivitas model pembelajaran integratif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada materi himpunan MTs al-Furqon Kudus tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123511051.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran integratif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada materi himpunan MTs Al-Furqon Kudus tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilatarbelakangi oleh prioritas pembelajaran yang selalu tertuju pada hasil akhir dan menyampingkan sasaran pendidikan matematika yang sesungguhnya terangkum pada lima kemampuan matematis yang ditetapkan National Council of Teacher Mathematic (NCTM), salah satunya adalah kemampuan koneksi matematis (mathematical connection). Di mana berdasarkan hasil wawancara pra penelitian menunjukkan kemampuan koneksi matematis siswa masih lemah dengan model pembelajaran yang masih monoton. Maka, tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model pembelajaran integratif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada materi himpunan MTs Al-Furqon Kudus tahun ajaran 2015/2016 sebagai salah satu solusi model pembelajaran yang baik dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen lapangan. Eksperimen lapangan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan treatment pada kelas eksperimen. Populasi penelitian ini merupakan seluruh kelas VII MTs Al-Furqon Kudus. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu mengambil semua populasi untuk dijadikan sampel, yaitu VII-A sebagai kelas kontrol dan VII-B sebagai kelas eksperimen.Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji statistik perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran integratif adalah 70,3, dan pada kelas kontrol rata-rata kemampuan koneksi matematis adalah 52,3. uji perbedaan rata-rata tahap akhir menggunakan uji t diperoleh thitung 3,438 dengan ttabel 2,036 pada taraf signifikansi (∝) 5% dan dk = (n1 + n2 - 2) = 32. Diperoleh thitung> ttabel, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis pada materi himpunan antara siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran integratif dan siswa pada kelas konvensional yakni rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Perbedaan ini disebabkan oleh perlakuan yang berbeda, di mana pada kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran integratif. Model pembelajaran integratif sendiri merupakan pembelajaran yang mengajak siswa mengaitkan materi pembelajaran dengan bidang lain, sehingga materi pembelajaran akan bermakna bagi siswa. Disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada materi himpunan MTs Al-Furqon Kudus tahun ajaran 2015/2016. Terutama pada indikator kemampuan koneksi antar konsep materi himpunan dengan bidang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran integratif; Koneksi matematis; Himpunan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Additional Information: Pembimbing: Saminanto, S. Pd., M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Oct 2016 01:35
Last Modified: 05 Oct 2016 01:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item